Rektor UIN Malang, Prof Dr Abdul Haris MAg. (Foto: Doc. MalangTIMES)
Rektor UIN Malang, Prof Dr Abdul Haris MAg. (Foto: Doc. MalangTIMES)

MALANGTIMES - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN) membentuk lembaga bernama Majma'u Al Buhuts Wa Al Ifta' (MBI). 

MBI ini dibentuk dalam rangka untuk ikut berpartisipasi dalam menyumbangkan pikiran-pikiran dan memberikan solusi terhadap problem-problem kehidupan manusia. Entah itu yang berkaitan dengan kehidupan beragama, kehidupan sosial, kehidupan ekonomi, dan seterusnya.

Baca Juga : Lewat P3T, Unikama Siapkan Maba Tak Kaget Hadapi Dunia Baru Perkuliahan

Hal ini disampaikan Rektor UIN Malang Prof Dr Abdul Haris MAg dalam Webinar Internasional "Rekonstruksi Metode Fatwa di Era Kontemporer" yang digelar Rabu siang ini, (23/9/2020).

"UIN Maulana Malik Ibrahim membuat satu lembaga yang kita sebut dengan Majma'u Al Buhuts Wa Al Ifta'. Diharapkan lembaga ini kemudian akan memproduksi suatu kumpulan fatwa atau saran dan pra saran yang terkait dengan masalah-masalah keagamaan," ujarnya.

Fatwa-fatwa ini, kata Prof Haris, diproduksi untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat, khususnya umat Islam Indonesia dan umumnya umat Islam di dunia.

Oleh karena itu, lanjutnya, MBI diharapkan menjadi suatu lembaga yang bisa bekerja sama dengan ormas-ormas Islam. Dengan demikian, diharapkan akan memperkuat pemberian masukan-masukan yang terbaik untuk semua umat.

"Oleh karena itu, kami sebagai pimpinan UIN Maulana Malik Ibrahim menyatakan banyak terima kasih dan mudah-mudahan diteruskan dengan bekerja sama dengan ormas Islam NU, Muhammadiyah, dan yang lain-lain. Baik di dalam maupun di luar negeri. Kita perlu juga bekerja sama dengan majelis fatwa di perguruan tinggi lain di dunia ini," tandasnya.

Untuk diketahui, webinar Internasional "Rekonstruksi Metode Fatwa di Era Kontemporer" tersebut juga menghadirkan narasumber Syaikh Uwaidhah Utsman (Dewan Fatwa Darul Ifta' Mesir dan Ketua Fatwa Syafawi), Nadirsyah Hosen atau yang akrab disapa Gus Nadir (ilmuwan dan ulama yang mengajar di Monash University Australia), dan Dr HM Asrorun Ni'am Soleh MA (Sekretaris Komisi Fatwa MUI Pusat).

Baca Juga : Gelar P3T Mulai Besok, Unikama Hadirkan Pemateri Kelas Nasional

Selain itu, turut hadir juga sebagai pembicara Prof Dr H Syamsul Anwar MA (Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah) dan Prof Dr Hj Tutik Hamidah MAg (Guru Besar UIN Malang).