Kegiatan P3T yang akan digelar Unikama mulai besok (Ist)
Kegiatan P3T yang akan digelar Unikama mulai besok (Ist)

MALANGTIMES - Mulai besok, Senin (21/9/2020) hingga 25 September 2020, Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) menggelar kegiatan Program Pengenalan Perguruan Tinggi (P3T). Dalam kegiatan tersebut bakal diisi dengan berbagai materi diskusi menarik yang tentunya sangat bermanfaat untuk para mahasiswa baru di Unikama.

Menariknya, dalam kegiatan tersebut bakal menghadirkan pemateri kaliber nasional, seperti Wakil Ketua MPR RI, Dr. H. Ahmad Basara M.H dan juga Irjen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Dr. Chatarina Muliana Girsang S.H, S.E, M.H serta Sekretaris LLDIKTI VII Dr. Widyo Winarso M.Pd.

Baca Juga : Melarang Interaksi Langsung, UB Jamin PKKMB Tak Ada Kekerasan Verbal

Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan Unikama, Ayu Asmah M.Pd menjelaskan, jika dalam materi diskusi yang dilakukan secara daring nantinya akan membahas berbagai macam hal, salah satunya adalah materi mengenai pengenalan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara (bela negara, penanggulanggan radikalisme, pendidikan anti korupsi).

"Tentunya supaya mahasiswa ini mempunyai pandangan sendiri tentang berbangsa dan bernegara lebih dalam lagi. Sehingga hal itu akan semakin memupuk rasa nasionalisme lebih tinggi pada diri masing-masing mahasiswa," ungkapnya, Minggu (20/9/2020).

Selain itu, dalam P3T yang merupakan jargon Unikama sendiri, di dalamnya juga diisi dengan materi pengenalan nilai budaya, etika, tata krama, norma kehidupan kampus, plagiarisme dalam kehidupan kampus yang itu akan disampaikan oleh Irjen Kemendikbud.

"Kuliah ini tak sama dengan SMA, di sini sudah waktunya mengembangkan diri, mereka memasuki dunia baru sehingga harus dibekali dengan berbagai hal materi yang selaras dengan visi misi Unikama," ungkapnya.

Sementara itu, dari Sekretaris LLDIKTI akan menyampaikan materi kegiatan kemahasiswaan dan organisasi kemahasiswaan. Bukan hanya itu, para mahasiswa nantinya juga akan mendapatkan materi kewirausahaan agar nantinya para mahasiswa bisa survive setelah nantinya keluar dari perguruan tinggi.

Baca Juga : Polkesma Sukses Gelar Wisuda Daring Pertama, Diikuti 1203 Wisudawan

"Di P3T nantinya juga akan disampaikan tentang ke PGRI-an atau jati diri Unikama, bagaimana sejarahnya, sehingga bisa mengetahui sejarah tempat mereka menempuh pendidikan," terangnya.

Dalam pelaksanaannya sendiri, nantinya akan dilaksanakan secara daring, melalui Zoom maupun aplikasi media sosial lainnya. Untuk peserta sendiri, disampaikan Ayu, jika data yang telah mendaftar sampai kemarin sekitar 513 peserta. Namun jumlah tersebut diperkirakan akan bertambah.