iPhone SE (Foto:  Apple)
iPhone SE (Foto: Apple)

MALANGTIMES - iPhone SE akhirnya akan resmi meluncur di Indonesia pada 2 Oktober 2020 mendatang. Kabar peluncuran itu disampaikan oleh distributor Apple, yakni iBox.  

Sayangnya, iBox belum mengumumkan secara resmi berapa harga iPhone SE untuk konsumen di Indonesia. Namun, jika di negara-negara lain iPhone SE ini dibanderol harga mulai dari Rp 5,8 juta untuk ROM 64 GB.  

Baca Juga : Segera Rilis, Ini Bocoran Spesifikasi Sony Xperia 5 II

Sementara untuk ROM 128 GB dibanderol harga sekitar Rp 6,6 juta dan 256 GB dibanderol harga Rp 8,1 juta.  

Terdapat tiga pilihan warna untuk iPhone SE yakni hitam, putih dan merah. Ponsel ini diketahui telah dipasarkan pada pertengahan April lalu di Amerika Serikat.  

Untuk spesifikasinya, iPhone SE dibekali layar Retina HD 4,7 inci dengan cip pamungkas miliki Apple yaitu A13 Bionic yang juga disematkan di iPhone 11.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan tombol Home yang dirancang kristal safir untuk memberi ketahanan dan perlindungan terhadap sensor sidik jari.  

Lalu untuk fitur 3D Touch telah diganti oleh haptic Touch. Dilansir melalui laman resmi Apple, ponsel ini memiliki kamera belakang 12 MP f/1,8 dan kamera depan 7MP.  

Fitur lain yang ada di iPhone SE ini dibekali dengan 'penginderaan kedalaman monokular' yang menggunakan machine learning untuk mendeteksi bokeh dan wajah.

Fitur fotografi Smart HD juga ditingkatkan dalam kamera yang mengandalkan cipset A13 Blonic.  

Baca Juga : Karakternya di Film Tilik Viral, Sosok Bu Tejo Kini Hadir Versi Stiker WhatsApp

Sedangkan ponsel ini juga memiliki video yang memiliki fitur stabilisasi video sinematik baik di kamera depan atau belakang.

Dengan video tersebut pengguna bisa merekam hingga 4K pada 60 fps dengan audio stereo. Untuk pengisian daya iPhone SE memiliki 5W yang sama dengan iPhone 8.  

Kendati demikian iPhone Se juga memiliki pengisian 18W tapi dijual terpisah. Dengan 18W baterai bisa terisi 0 ke 50 persen dalam waktu 30 menit.