Wali Kota Malang Sutiaji. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Wali Kota Malang Sutiaji. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Megaproyek Malang Creative  Center (MCC) di Kota Malang yang sempat tertunda pembangunannya lantaran dialihkan untuk refocusing penanganan covid-19 kini kembali dianggarkan.

Pembangunan gedung untuk memfasilitasi para pelaku industri kreatif di Kota Malang yang rencananya bakal mulai direalisasikan pada tahun 2021 ini dianggarkan senilai Rp 100 miliar.

Baca Juga : Marak PKL, Revitalisasi Pasar Kedungkandang Ditarget Rampung Akhir Tahun Ini

"Kami anggarkan kembali kegiatan pembangunan gedung Malang Creative Center (MCC) dengan nilai Rp 100 miliar melalui pola penganggaran tahun jamak (multiyears)," ujar Wali Kota Malang Sutiaji ditemui di sela-sela giat rapat paripurna di gedung DPRD Kota Malang, Senin (21/9/2020).

Menurut Sutiaji, pembangunan MCC kembali dianggarkan karena berkaitan dengan peningkatan perkembangan industri ekonomi kreatif di Kota Malang.

Hal ini diharapkan mendapatkan persetujuan bersama dan dapat ditandatangani bersamaan dengan penandatanganan KUA dan PPAS APBD tahun anggaran 2021 nantinya.

"Ini kan termasuk industri kreatif. Kami minta persetujuan dari DPRD untuk multiyears karena asumsi anggaran pendapatan kita memang menurun," imbuhnya.

Apalagi, sektor industri kreatif menjadi salah satu penyumbang peningkatan pertumbuhan perekonomian di Kota Malang. Salah satunya, sektor kuliner yang terus bergerak dengan memanfaatkan sistem digital.

Hal ini yang ke depan akan terus dikembangkan dan di-support untuk meningkatkan kreativitas para pelaku industri kreatif dalam membuat produk-produk berbasis IT.

Baca Juga : Sempat Gagal, Rencana Terminal Wisata Madyopuro Diharapkan Kembali Diajukan

"Usut punya usut perdagangan berbasis frozen basic-nya IT. Ini yang oleh kementerian didorong ke depan yang basic IT-nya diserahkan untuk Kota Malang untuk di Indonesia. Dan kita mampu menggeser Bandung. Ekonomi kreatif kita tidak pernah turun pertumbuhan ekonominya dan itu yang terus kita dorong," tandasnya.

Untuk diketahui, pembangunan megaproyek MCC akan dilakukan di eks gedung PDAM Kota Malang, Kecamatan Blimbing. Gedung MCC akan dibangun setinggi hingga delapan lantai.

Gedung MCC akan berisi fasilitas kebutuhan bagi pelaku industri kreatif di Kota Malang. Mulai dari rumah film, studio foto, aula pertunjukan, peralatan animasi, games dan masih banyak lainnya.