Honda Forza (Foto:  Motoris.ID)
Honda Forza (Foto: Motoris.ID)

MALANGTIMES - Penggemar sepeda motor bakal semakin banyak pilihan. Itu seiring rencana Honda yang akan meluncurkan produk Forza terbaru.

 Rencana itu terkuak setelah pabrikan Jepang tersebut merilis sebuah video teaser yang kemungkinan mengarah ke skuter sport berkapasitas besar.   Dalam video itu, tertera keterangan bahwa Forza terbaru akan resmi diluncurkan pada 14 Oktober 2020 mendtang.

Baca Juga : Benelli Pamer Motor SRT500, Bakal Jadi Pesaing Ketat Kawasaki Versys-X 300 & Honda CR500X?

Video teaser itu memang tidak menunjukkan banyak hal.  Namun hanya berupa detail siluet dan bayangan.  

Video berdurasi 15 detik itu pun memamerkan beberapa bidikan close-up yang terlihat di bagian casing mesin serta beberapa elemen kerangka skuter.   Di beberapa bagian yang terlihat, bisa disimpulkan bahwa skutik (skuter matik) premium tersebut mengalami pembaruan.  

Dengan mengusung tagline "The Forza Family is Getting Bigger", Honda Forza diprediksi akan mengusung mesin yang lebih besar.  Saat ini diketahui Forza berkapasitas mesin 125 cc, 250 cc dan 350 cc.

Dari rumor yang beredar, Forza terbaru ini akan mengusung mesin dengan kapasitas 500 cc. Namun ada pula isu Forza terbaru akan melahirkan jantung pacu 750 cc.  

Jika memang benar, bisa dikatakan hal itu sama dengan X-ADV yang saat ini sebagai pengganti Integra NC750 di Eropa.  

Jantung mekanisme itu dipercaya mampu menghasilkan tenaga sebesar 54 hp pada 6.250 rpm dan torsi puncak mencapai 68 Nm pada 4.750 rpm.  

Sementara, fitur bisa saja seperti G Switch yang bisa mengeluarkan torsi langsung di transfer ke roda belakang agar karakter mesin lebih responsif.  

Baca Juga : Bulan Depan, Suzuki Luncurkan Model Edisi Khusus untuk Indonesia, Limited Edition!

Kemungkinan motor ini juga akan dilengkapi dengan mode berkendara manual dan otomatis untuk perpindahan gigi dengan menggunakan sistem transmisi multi-dual clutch transmission (DCT).

Sistemnya sendiri akan ada dua mode. Pertama, drive (D) merupakan aplikasi pemilihan lebih rendah untuk akselerasi yang lebih cepat. Sistem ini cocok digunakan untuk berkendara di kondisi perkotaan.

Kedua yakni mode sport (S) yang lebih sporty dengan perpindahan gigi pada kecepatan yang lebih tinggi.   Mode S ini memiliki tiga mode tambahan, yakni standar, sport 1, dan sport 2.  

Fitur lain yang munkin ditambahkan seperti  ABS 2 saluran, smart key Honda dengan pengontrol cerdas, dan HSTC (Honda selectable torque control).  Ada pula srea kokpit dengan kombinasi teknologi analog dan digital.