"Gerakan Ayo Menanam Bersama PKS", pembagian bibit sayir dan ikan lele kepada warga di wilayah RW 1 Kelurahan Tunjungsekar, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. (Foto: Istimewa).
"Gerakan Ayo Menanam Bersama PKS", pembagian bibit sayir dan ikan lele kepada warga di wilayah RW 1 Kelurahan Tunjungsekar, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. (Foto: Istimewa).

MALANGTIMES - Gerakan ketahanan pangan dari tingkat keluarga tak luput dari perhatian partai politik (parpol). Seperti yang dilakukan Fraksi PKS DPRD Kota Malang dengan program "Gerakan Ayo Menanam Bersama PKS".

Menggaet Bidang Pekerja, Petani dan Nelayan (BPPN) DPD PKS Kota Malang kegiatan yang perdana dilangsungkan pada Sabtu (19/9/2020) kemarin ini menyasar ke wilayah RW 1 Kelurahan Tunjung Sekar, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Baca Juga : Terus Bergeser, Lahan Apel di Kota Batu Tinggal 1.092,8 Hektare

 

Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Malang, Trio Agus Purwono menyatakan gerakan ini sekaligus sebagai satu upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga di setiap wilayah di Kota Malang.

Setidaknya untuk "Gerakan Ayo Menanam Bersama PKS" ini sebanyak 25.000 bibit sayuran di antaranya tomat, cabe, terong, sawi, bayam dan 5.000 bibit ikan lele telah disiapkan. Nantinya, semua bantuan ini secara gratis dibagikan kepada masyarakat Kota Malang melalui anggota Dewan PKS di tiap-tiap kecamatan.

"Pembagian tahap 1 ini yang didistribusikan sebanyak 4.000 bibit sayuran kepada warga di RW 1 Kelurahan Tunjung Sekar. Selanjutnya secara bertahap akan dibagikan oleh anggota dewan PKS di kecamatan masing-masing," ujarnya.

Tak hanya sekedar pembagian bibit saja, melalui program ini masyarakat Kota Malang juga akan diberikan pendampingan. Yaitu, dalam hal perawatan tanaman. Sehingga, bibit tanaman yang diberikan bisa berkembang subur dan ketika panen bisa mendapatkan hasil produksi yang baik.

Sebagai wakil rakyat dari Dapil Lowokwaru, Trio juga mendorong agar ada pemanfaatan lahan kosong atau terbatas di setiap pekarangan rumah warga untuk dipergunakan sebagai budi daya sayuran. "Selain memberi manfaat secara ketahanan pangan, keasrian lingkungan, mudah-mudahan ini juga bisa menjadi sumber pendapatan yang berdampak nilai ekonomis untuk masyarakat sekitar," tandasnya.

Dalam kesempatan ini, Ketua DPD PKS Ernanto Djoko Purnomo menyampaikan program ini menjadi salah satu bentuk keprihatinan dari PKS terhadap kondisi warga yang terdampak Covid-19. Selain memengaruhi ketersediaan kebutuhan pangan, ketahanan pangan keluarga dan masyarakat sejatinya perlu untuk ditingkatkan.

Baca Juga : Serbu! Taman Tirta Malang Kembali Hadirkan Rumah Murah Harga 214,5 Juta

 

Salah satunya melalui "Gerakan Ayo Menanam Bersama PKS". Sehingga, warga Kota Malang diharapkan memiliki kegiatan positif selama pandemi, pun juga sekaligus bisa meningkatkan imunitas tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari paparan virus.

"Ide Gerakan Ayo Menanam Bersama PKS ini diharapkan mampu menjadi gerakan sosial antara anggota dewan dari PKS, pengurus PKS bersama masyarakat. Selain untuk membantu meringankan beban dan menambah kebutuhan pangan keluarga juga sebagai sarana hiburan dan rekreasi agar tubuh tetap sehat dan tidak stress sehingga dapat meningkatkan imunitas tubuh di tengah pandemi saat ini," terangnya.

Sementara itu, Ketua RW 1 Kelurahan Tunjung Sekar Ahmad Kasim mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya atas "Gerakan Ayo Menanam Bersama PKS" ini. Dengan pemberian bantuan bibit sayuran dan bibit ikan akan mendukung dan membantu kebutuhan warga dan kegiatan di wilayah tersebut.

"Bantuan ini akan menyukseskan kegiatan lomba lingkungan "mBesuk Ambyar" di tingkat Kota Malang juga bisa wewujudkan RW 1 sebagai RW Tangguh yang tidak hanya memiliki ketahanan pencegahan penularan covid-19, tapi juga ketahanan pangan keluarga maupun masyarakat," ungkapnya.