Tompi (Instagram dr_tompi)
Tompi (Instagram dr_tompi)

MALANGTIMES - Musisi jazz nasional Tompi, bicara tentang kesempatan masyarakat mengambil sisi positif dari pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai. Menurutnya, saat ini adalah waktunya untuk berkolaborasi untuk menciptakan suatu produk yang diminati masyarakat.

Pandemi Covid-19 jika hanya dianggap sebagai wabah yang membuat semua kegiatan tidak bisa berjalan, maka pemikiran tersebut akan membawa ke dalam sebuah jurang. Di mana orang tidak akan bisa berkembang. Namun jika mengambil sisi positif, tentunya masyarakat bisa lebih kreatif dari sebelumnya karena banyak waktu luang yang dihasilkan.

Baca Juga : Klaim Temukan Obat Covid-19, Video Anji dan Hadi Pranoto Dihapus YouTube!

Musisi yang juga berprofesi sebagai dokter itu mengatakan, saat ini masyarakat tidak bisa acuh dan abai dengan adanya Covid-19, karena wabah tersebut benar adanya. Namun ia meminta masyarakat justru memikirkan bagaimana melangkah untuk lebih kreatif menciptakan sesuatu hal yang bisa menghasilkan.

"Menurut saya, masyarakat (harusnya) percaya bahwa covid itu ada. Tapi tidak perlu kita tidak melakukan sesuatu hal. Kita harus bisa tahu polanya, jadi kita tetap bisa berkarya tapi tetap aman," ujar Tompi.

Menurut pelantun lagu Sedari Dulu dan Menghujam Jantungku itu, era sekarang masyarakat tidak bisa berdiri sendiri atau ingin melakukan sesuatu hal di mana hasilnya akan dinikmati sendiri. Hal itu, lanjut Tompi, justru bisa merugikan. Karena menciptakan suatu hal yang bisa menghasilkan justru datang dari sebuah kolaborasi,di mana pasti muncul suatu ide kreatif satu sama lain.

"Kalau dulu, jika bisa dikerjakan sendiri kenapa harus ada orang lain. Tapi zaman sekarang kolaborasi sangat penting. Pekerjaan jadi ringan dan eksposure nya jadi tinggi," sebutnya.

Sementara itu, Tompi juga memuji langkah dari pemerintah yang mencoba terus memulihkan perekonomian masyarakat, baik melalui stimulus bantuan langsung tunai (BLT) ataupun pelatihan melalui prakerja dan lain sebagainya.

Baca Juga : Saat Tompi Semprot YouTuber yang Bahas Via Vallen Oplas hingga Rendahkan Dokter

"Saya lihat upaya positif terus dikerjakan pemerintah, yang menjadi polemik adalah yang di lapangan. Usaha pemerintah agar industri kreatif agar tetap bisa berkarya patut diapresiasi. Tinggal kita bisa memanfaatkan untuk tetap survive atau tidak," tutupnya.