Salah satu anggota kepolisian Polres Malang saat dilakukan pengambilan darah dalam kegiatan bakti sosial donor darah di Lapangan Tennis Indoor Mapolres Malang, Kamis (17/9/2020). (Foto: Tubagus Achmad/ MalangTIMES)
Salah satu anggota kepolisian Polres Malang saat dilakukan pengambilan darah dalam kegiatan bakti sosial donor darah di Lapangan Tennis Indoor Mapolres Malang, Kamis (17/9/2020). (Foto: Tubagus Achmad/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Menyambut Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-65 yang jatuh pada tanggal 22 September 2020 di tengah kondisi pandemi Covid-19, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Malang menggelar acara bakti sosial berupa donor darah massal.

Donor darah ini diikuti oleh aparat kepolisian dari jajaran Polres Malang, anggota TNI dari Kodim 0818 Malang-Batu, ibu-ibu anggota Bhayangkari serta elemen masyarakat yang diselenggarakan pada hari Kamis (17/9/2020) di Lapangan Tennis Indoor Mapolres Malang.

Baca Juga : Mengenal Happy Hypoxia, Gejala Tersembunyi Covid-19, Apa Itu?

Dalam kegiatan bakti sosial donor darah tersebut, Satlantas Polres Malang bekerjasama dengan UTD (Unit Transfusi Darah) PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Malang yang sesuai dengan keahliannya.

Kasat Lantas Polres Malang, AKP Diyana Suci Listyawati mengungkapkan bahwa kegiatan bakti sosial donor darah ini untuk memberikan kebermanfaatan serta kontribusi lebih kepada masyarakat, khususnya yang berada di wilayah Kabupaten Malang.

"Meskipun di tengah pandemi Covid-19, Satlantas Polres Malang terus memberikan kontribusi kepada masyarakat. Kegiatan ini juga merupakan wujud kepedulian kepada masyarakat yang membutuhkan darah," ungkapnya ketika dikonfirmasi oleh awak media, Kamis (17/9/2020).

Diyana mengatakan bahwa selain melibatkan pihak PMI Kabupaten Malang, Satlantas Polres Malang juga melibatkan Dokter Kesehatan Polres Malang. Dengan peran serta aktif dari semua pihak, acara yang berlangsung sejak pukul 07.00 WIB hingga saat ini berlangsung aman dan lancar.

Perempuan yang sempat menjadi ajudan Duta Besar RI Retno Marsudi saat berada di Den Haag ini menuturkan bahwa dalam pelaksanaan bakti sosial donor darah, pihaknya selaku penyelenggara tetap menginstruksikan agar semua elemen yang terlibat mematuhi protokol kesehatan yang telah diterapkan.

Hal itu dilakukan untuk mencegah persebaran Covid-19 di Kabupaten Malang agar tidak semakin meluas. Terlebih lagi dengan adanya tim mobile covid hunter, polisi dan aparat yang lainnya juga harus menjadi contoh kepada masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

"Para petugas dan peserta donor darah tetap menggunakan masker dan sarung tangan untuk menjaga kesterilan," ujarnya.

Baca Juga : Bagi Lansia, Terapkan Tips Sederhana Ini untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

Diyana pun berharap dengan adanya kegiatan bakti sosial donor darah ini, dapat lebih mendekatkan antara Polisi Lalu Lintas (Polantas) dengan masyarakat. Hal ini untuk semakin menjadikan Polantas sahabat masyarakat.

Sementara itu, dalam peringatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-65 yang jatuh pada tanggal 22 September 2020 nantinya bakal diisi dengan kegiatan lainnya yang masih dalam lingkup pendekatan kepada masyarakat.

"Pada tanggal 22 September nanti, kami juga akan mengadakan kegiatan pembagian masker kepada masyarakat," terangnya.

Pembagian masker dilakukan juga sebagai bentuk upaya pihak Polantas Polres Malang dalam mencegah persebaran Covid-19. Karena masker merupakan salah satu alat kesehatan yang penting dan fleksibel dalam penggunaannya.