Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Otomotif

Di Arab Saudi, Mobil Mahal Kinyis-Kinyis Banyak yang Dibuang di Tempat Sampah

Penulis : Desi Kris - Editor : A Yahya

13 - Sep - 2020, 14:01

Mobil layak pakai dibuang di Arab Saudi (Foto: YouTube Alman Mulyana)
Mobil layak pakai dibuang di Arab Saudi (Foto: YouTube Alman Mulyana)

MALANGTIMES - Arab Saudi dikenal sebagai salah satu negara yang kaya raya.  Bisa dibilang, hampir seluruh warga di Arab Saudi memiliki mobil mewah.  Namun, siapa sangka salah satu budaya unik yang dilakukan di Arab Saudi yakni membuang mobil yang masih layak ke "tempat sampah".  

Tampat sampah yang dimaksud tentunya buka tempat sampah yang kotor dan berbau.  Tapi, merupakan sebuah tempat khusus yang dipenuhi dengan rongsokan mobil berbagai merek yang sudah tak dipakai lagi.  Lokasi tersebut terletak di kawasan Kota Jeddah, Arab Saudi.  

Baca Juga : Waduh, Tiang Neon Box Polisi Milik Polsek Karangploso Dihantam Mobil

 

Dipantau melalui channel YouTube Alman Mulyana di tempat sampah itu terdapat mobil-mobil bekas yang masih layak pakai dari berbagai merek dibuang begitu saja oleh pemiliknya.  Mulai dari mobil antik Porsche, Ranger Rover, BMW hingga Daihatsu Sirion tampak begitu usang dan berdebu.  

Tentunya mobil-mobil itu memiliki harga yang tidak murah.  Kendaraan-kendaraan itu dibuang oleh pemiliknya dalam kondisi rusak ataupun masih layak.

Lantas apa sebenarnya alasan pemilik mobil tidak memilih untuk memperbaiki mobil mereka yang rusak. Dijelaskan oleh Alman, orang Arab Saudi lebih memilih membeli mobil baru ketimbang harus memperbaiki mobil yang rusak.  

Karena biaya untuk ongkos bengkel dan onderdil mobil mewah di Arab Saudi mahal. Sehingga orang Arab Saudi lebih memilih membeli kendaraan baru atau pun bekas.  

Alman mengakui jika sepengamatannya orang Arab Saudi tidak mau ribet bolak balik ke bengkel untuk memperbaiki kendaraannya yang rusak.  Dikatakan Alman juga harga mobil bekas di Arab Saudi jauh lebih murah.  

Di lokasi yang sama, Alman juga memperlihatkan tempat Showroom mobil yang menjual kendaraan bekas.  Terdapat beberapa mobil bekas yang masih mulus dijual di Showroom tersebut.  

Baca Juga : Komplotan Pencuri Emas di Tulungagung Ternyata Masih Satu Keluarga, Dipimpin Sang Ibu

 

Harganya pun turun drastis dari harga aslinya.  Seperti Mercedes Benz ML500 tahun 2013 dijual dengan harga 71 ribu real atau Rp 263 juta.  Ada juga mobil Audi A8L tahun 2016 dijual dengan harga 47 ribu real atau senilai Rp 174 juta.  

Sementara ada mobil Camaro 2015 dengan harga 59 ribu real atau senilai Rp 218 juta.

Selain mobil-mobil tersebut, terdapat juga mobil besar yang biasanya digunakan untuk mengangkat mobil atau motor-motor kepada pembeli.

VIDEO : DI SAUDI ARABIA MOBIL PENYOK SEDIKIT DI BUANG TERNYATA INI ALASANNYA


Topik

Otomotif


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

A Yahya