Wastafel portabel yang terpasang di Alun-Alun Merdeka Kota Malang. (Foto: Perumda Tugu Tirta Kota Malang).
Wastafel portabel yang terpasang di Alun-Alun Merdeka Kota Malang. (Foto: Perumda Tugu Tirta Kota Malang).

MALANGTIMES - Sebagai pihak  yang memberikan pelayanan kebutuhan layanan air bagi pelanggan, PDAM Kota Malang yang kini berganti nama Perumda Tugu Tirta juga turut serta peduli akan kewaspadaan covid-19.

Dalam hal ini, Perumda Tugu Tirta ikut serta mengampanyekan disiplin protokol kesehatan pencegahan covid-19 kepada masyarakat. Salah satunya dengan rajin cuci tangan sebagai langkah untuk menggalakkan hidup bersih dan sehat.

Baca Juga : Jalan Rusak Masih Dikeluhkan, Pemkot Diminta Bentuk Tim Aspal Keliling

Bekerja sama dengan United States Agency for International Development atau Badan Bantuan Pembangunan Internasional Amerika (USAID), Perumda Tugu Tirta menyebar sebanyak 30 unit wastafel portabel di 30 titik di Kota Malang.

Direktur Utama Perumda Tugu Tirta Kota Malang M. Nor Muhlas menyatakan program ini merupakan bantuan dari USAID seiring dengan terus meluasnya penyebaran covid-19 di Kota Malang yang belum kunjung mereda. Wastafel portabel  tersebut dipasang di berbagai fasilitas umum.

"Ini sebagai bentuk PDAM peduli, bekerja sama dengan USAID kami memasang wastafel portabel di berbagai lokasi area publik, pasar, kantor- kantor pemerintah yang memberikan layanan kepada masyarakat Kota Malang. Ini sarana untuk mencuci tangan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus covid-19," ujar Muhlas.

Ke-30 titik yang telah terpasangi wastafel portabel adalah  di Stadion Gajayana, Perpustakaan Umum Kota Malang, Kantor Kelurahan Kasin, Lapangan Rampal 1, Lapangan Rampal 2, Velodrome, Alun-Alun Merdeka Kota Malang, Kantor Kecamatan Sukun, loket PDAM di Jalan Panglima Sudirman, GOR Ken Arok, Kantor Kecamatan Kedungkandang, Kantor Terpadu 1, Kantor Terpadu 2 (Kantor PDAM).

Kemudian, di Puskesmas Pembantu Sukun, Kantor Kelurahan Sukun, Puskesmas Mulyorejo, Balai Penyuluhan KB Sukun, Kantor Kelurahan Mulyorejo, Kantor Kelurahan Bakalan Krajan, Kantor Kelurahan Lowokwaru, Kecamatan Klojen, Pasar Gadang Lama, Kantor Kelurahan Bunulrejo, Kantor Kelurahan Sawojajar.

Lalu, di Kantor Pertanahan Kota Malang, Kolam Renang Stadion Gajayana, Kantor Kelurahan Tunjungsekar, Kantor Kelurahan Tanjungrejo, Kantor Kelurahan Klojen, dan Kantor Kecamatan Lowokwaru.

Baca Juga : Tambah Empat TL Adaptif, Pemkot Malang Rogoh Kocek Rp 4,95 Miliar

Wastafel portabel ini juga dilengkapi edukasi tata cara mencuci tangan pakai sabun yang benar. Kemudian masyarakat yang menggunakan juga tanpa bersentuhan karena metode pemakaiannya dengan alat tekan menggunakan alas kaki.

Dengan terpasangnya alat tersebut, Perumda Tugu Tirta berharap masyarakat bisa awas dan semakin peduli akan kesehatan. Yakni, dengan cara termudah untuk rajin mencuci tangan setiap sebelum dan sesudah melakukan aktivitas apa pun.

"Kami harapkan masyarakat dapat memanfaatkan wastafel ini dengan baik dan menjaga diri masing-masing dengan cara yang paling sederhana.byaitu mencuci tangan sesuai dengan imbauan pemerintah. Jadi, sering – seringlah mencuci tangan dan laksanakan protokoler kesehatan karena penyebaran covid-19 ini lebih cepat melalui tangan yang kotor," terang Muhlas.