Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Dukung Program Pemerintah Kembangkan UMKM, BCA Salurkan KUR Rp 20 Miliar

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

03 - Sep - 2020, 15:30

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) VII BCA Rudy Kurniawan (kanan) saat meninjau UMKM peternak sapi di Ngajum, Kabupaten Malang. (istimewa)
Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) VII BCA Rudy Kurniawan (kanan) saat meninjau UMKM peternak sapi di Ngajum, Kabupaten Malang. (istimewa)

MALANGTIMES - Usaha mikro kecil menengah (UMKM), yang pada masa pandemi covid-19 kesulitan mengembangkan usahanya karena daya beli masyarakat rendah, kini mempunyai angin segar. Sebab, sebagai bagian dari sistem keuangan nasional, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berkomitmen untuk terus mendukung program pemerintah. Salah satunya menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) di berbagai sektor usaha.

Hal itu diwujudkan melalui berbagai perjanjian kerja sama yang dilakukan BCA dengan bank perkreditan rakyat (BPR) yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Kali ini, BCA melakukan perjanjian kerja sama channeling KUR dengan BPR Karya Perdana Sejahtera (KPS) yang juga berkaitan erat dengan PT Santosa Agrindo (PT Santori) sebagai mitra UMKM peternak sapi.

Baca Juga : 2018 dan 2019 Alami Inflasi, Agustus 2020 Kota Malang Malah Deflasi

Penandatanganan perjanjian kerja sama  itu dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) VII BCA Rudy Kurniawan pada Selasa (01/09). Turut hadir dalam pertemuan langsung di PT Santosa Agrindo Babadan, Kecamatan Ngajum, itu,  Direktur Utama PT Santori Safuan Kasno Soewondo, Head of Unit dan Kemitraan PT Santori Darmawan Bakti Prasada, Direktur Utama BPR KPS Arief Santoso, Direktur BPR KPS Herwin Agus Setianto, serta Ketua Koperasi Sekar Insani Bangsa Hermanto.

“Dukungan BCA terhadap sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terus digalakkan demi membantu industri tetap berjalan di tengah proses pemulihan pandemi covid-19. Hal ini tentu sejalan dengan upaya pemerintah untuk menyeimbangkan kembali roda perekonomian Indonesia," ujar Rudy Kurniawan.

"Kerja sama dengan pola channeling bersama BPR KPS ini bertujuan untuk membantu usaha masyarakat di daerah Gunung Kawi. Yaitu usaha pembesaran sapi mengingat BPR KPS juga bekerja sama dengan PT Santori yang akan melakukan alih teknologi ke peternak sekaligus berperan sebagai offtaker,” imbuhnya.

Tak tanggung-tanggung, melalui kerja sama tersebut, BCA menyalurkan KUR dengan plafon kerja sama sebesar Rp 20 miliar. Dan kerja sama tersebut dilakukan bukan sembarangan karena BPR KPS merupakan salah satu BPR terbesar di Sidoarjo. Dalam operasionalnya, BPR KPS juga bermitra dengan PT Santori.

“Upaya pemulihan ekonomi Indonesia sejak adanya pandemi covid-19 bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga tanggung jawab berbagai pihak, termasuk BCA," kata Rudy.

Baca Juga : Taman Tirta Malang Punya Edisi Rumah Murah Angsuran 900 Ribu-an, Mau?

Lebih dari itu, Rudy berharap dengan adanya support kerja sama melalui kredit usaha rakyat itu bisa membuat para UMKM ataupun yang memiliki usaha bisa terus berkembang seiring kabar baik covid-19 yang sudah ada vaksinnya tersebut.

"Dengan adanya kerja sama ini, kami mendukung program pemerintah dalam swasembada sapi sekaligus dapat turut membantu usaha masyarakat agar lebih produktif, hingga akhirnya dapat turut menggerakkan roda perekonomian Indonesia,” tutup Rudy.


Topik

Ekonomi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Sri Kurnia Mahiruni