Tahun Depan, Disparbud Kabupaten Malang Prioritaskan Perbaikan Akses Jalan Menuju Wisata

Aug 31, 2020 20:08
Kepala Disparbud Kabupaten Malang Made Arya Wedanthara saat menjelaskan prioritas program kerja tahun 2021 (Foto : Dokumen MalangTIMES)
Kepala Disparbud Kabupaten Malang Made Arya Wedanthara saat menjelaskan prioritas program kerja tahun 2021 (Foto : Dokumen MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Malang berencana memperbaiki sejumlah akses jalan yang terpantau tidak layak untuk dilalui. Salah satu target utamanya adalah memperbaiki akses jalan untuk menuju ke tempat wisata yang ada di beberapa wilayah, termasuk di tempat wisata yang berlokasi di kawasan pelosok Kabupaten Malang.

”Ya kami memang punya skala prioritas, salah satu prioritas kami adalah fokus membenahi akses jalan menuju kawasan wisata yang rusak,” kata Kadisparbud (Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan) Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara.

Baca Juga : Yuk Naik Dokar Wisata Kota Batu, Tetap Aman dengan Protokol Kesehatan

Kapan perbaikan jalan menuju wisata tersebut bakal mulai digarap?, Made mengaku jika dimungkinkan perbaikan di beberapa titik akses jalan ke kawasan wisata tersebut, bakal mulai dikerjakan pada tahun 2021 mendatang. ”Harapan kami ya tahun depan, soalnya kalau tahun ini (2020) tidak mungkin,” sambung Made.

Sejauh ini, lanjut Made, pihaknya sudah membentuk tim khusus untuk merealisasi target yang diusung oleh Disparbud. Salah satunya adalah pembentukan tim guna merealisasi pembangunan atau perbaikan jalan menuju kawasan wisata.

”Kita sekarang sedang membuat tim, dan nanti kami dalam waktu dekat ini akan kembali melakukan pertemuan. Sejauh ini tim yang terbentuk sudah 4 kali melakukan FGD (Focus Group Discussion),” ucap Made.

Dijelaskan Made, tim yang telah terbentuk tersebut, terdiri dari beberapa personel gabungan. Yakni mulai dari pelaku wisata dan jajaran OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait yang ada di Kabupaten Malang. Salah satu OPD yang dilibatkan tersebut, adalah Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Malang.

”Harapan kita Desember ini (2020) draf yang isinya tentang legalisasi sudah kita ajukan ke DPRD (Kabupaten Malang, red). Sehingga kita bisa menentukan siapa berbuat apa, dan dalam 5 tahun kedepan bisa kita evaluasi bersama,” ungkap Made.

Baca Juga : Seruput Kopi Songgoriti, Wali Kota Batu Dewanti: Enak Banget

Meski belum memetakan ada berapa akses jalan yang perlu diperbaiki, namun Made memcontohkan salah satu titik yang sampai saat ini perlu sentuhan Pemkab Malang adalah Pantai Wedi Awu yang berlokasi di Dusun Balearjo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang.

”Saya ketika membuat event selalu melibatkan semua OPD, dalam artian pada saat akan disetujui Bupati (Malang) semua OPD yang telibat akan mengambil perannya masing-masing. Salah satunya Bina Marga, kalau memang sudah disetujui dan ada anggarannya, biasanya akan segera ditangani,” pungkasnya.

Topik
wisata kabupaten malang Kepala Disparbud Kabupaten Malang Made Arya Wedhantara VIsit Kabupaten Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru