Charis Yulianto Ingin Kembalikan Karakter Arema yang Keras dan Lugas

Aug 28, 2020 18:59
Pemain Arema FC berebut bola dalam sesi latihan (official Arema FC)
Pemain Arema FC berebut bola dalam sesi latihan (official Arema FC)

MALANGTIMES - Menjadi nahkoda tim sementara sebelum kedatangan pelatih baru, asisten pelatih Arema FC Charis Yulianto pelan-pelan mengembalikan marwah lini belakang yang keras, terarah, berani duel dan lugas. Hal itu dilakukan tak lain karena lini belakangnya dirasa masih butuh karakter untuk kembali turun di Liga 1 2020.

Untuk diketahui, Charis Yulianto adalah mantan bek yang sudah malang melintang di sejumlah klub besar Indonesia. Dia tercatat pernah membela PSM Makassar, Persib Bandung, Persija Jakarta, Sriwijaya FC, Persela Lamongan hingga Arema yang membesarkan namanya pernah merasakan kuatnya pertahanan saat ia bermain. Karena namanya yang cukup tinggi kala itu, Timnas Indonesia juga menggunakan jasa pemain yang akrab dengan nomor punggung 4 tersebut.

Baca Juga : Efek Piala Dunia U-20, Pemain Muda Akademi Arema Punya Kesempatan Naik Kelas

Kini, asisten pelatih Arema FC itu melihat skuatnya terutama di lini belakang kurang maksimal dalam hal bertahan. Oleh karena itu sebelum pelatih kepala yang baru tiba, Charis akan mengembalikan karakter pertahanan khas Singo Edan, mengingat ia juga paham bagaimana ciri khas permainan tim kebanggaan Aremania itu.

“Saya berusaha mengembalikan karakter pemain belakang Arema yang kuat, lugas, keras, dan tidak mau kalah pada saat melakukan duel,” kata Charis.

Menurut Charis, lini belakangnya juga masih lemah dalam duel bola atas. Apalagi menghadapi tim yang gemar memainkan pola menyerang melalui sayap dengan melakukan crossing, tentunya dalam latihan para pemain belakang banyak diberi materi mengantisipasi umpan silang. 

"Fokus kami di minggu ini juga untuk membenahi organisasi pertahanan. Jadi membenahi cara bertahan pemain belakang dalam mengantisipasi bola-bola crossing. Selain itu, kami juga evaluasi tiga pertandingan awal," ungkapnya.

Baca Juga : Manajemen Arema FC Harap Pelatih Baru Punya Orientasi ke Musim Depan

Lanjut Charis, timnya memang masih membutuhkan tenaga pemain asing untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2020 khususnya di lini belakang, namun Matias Malvino sendiri juga belum tiba meski ada kepastian pemain asal Uruguay itu tetap bertahan. "Pemain asing tetap kami butuhkan. Tapi untuk saat ini kami tetap fokus memaksimalkan pemain yang ada," pungkasnya. 

Seperti diketahui, Matias Malvino adalah satu dari dua pemain asing yang memutuskan tetap bertahan di Arema FC, sebelumnya pelatih kepala Mario Gomez, pelatih fisik Marcos Gonzales dan Jonathan Bauman memutuskan untuk tidak melanjutkan kerja sama bersama Singo Edan karena tidak cocok dengan kebijakan rekontrak. Sementara satu pemain asing asal Asia, Oh In-Kyun memilih untuk gantung sepatu dan menjadikan Arema FC adalah klub terakhir dalam karirnya. 

Topik
Arema FCAsisten Pelatih Arema FCAsisten pelatih Arema FC Charis Yulianto

Berita Lainnya

Berita

Terbaru