Esports Resmi Olahraga Prestasi, KONI Kota Malang Tunggu Jatim

Aug 27, 2020 19:22
Kompetisi esports dunia (istimewa)
Kompetisi esports dunia (istimewa)

MALANGTIMES - Esport yang telah resmi diakui sebagai olahraga prestasi oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) kini belum meluas ke sejumlah daerah. Salah satunya di Kota Malang. Hingga saat ini Kota Malang belum memiliki pengurus Esport karena, di Jawa Timur (Jatim) sendiri belum terbentuk kepengurusannya.

Ketua Umum KONI Kota Malang, Eddy Wahyono mengatakan bahwa hingga saat ini belum ada yang maju untuk menjadi pengurus Esport dan bergabung menjadi cabang olahraga (cabor) di bawah naungan KONI Kota Malang. "Sejauh ini belum ada, di provinsi siapa ketua pengprov nya? belum ada juga," ucap Eddy Wahyono Kamis (27/8/2020) saat dijumpai di ruang kerjanya.

Baca Juga : Efektif Cari Talenta, Liga Futsal Malang Akan Segera Digulirkan

Menurut Eddy, memang Esport mulai menjadi hal yang sangat diminati oleh banyak orang khususnya kalangan anak muda. Bahkan ia juga menuturkan bahwa saat ini juga sudah banyak komunitas baik di perguruan tinggi atau perkumpulan tertentu.

"Komunitas yang banyak, waktu itu sempat bincang-bincang, ya silahkan saja kalau memang ada induknya, tapi pengurusnya di Malang saja belum ada," ujarnya.

Lanjut Eddy, pihaknya sangat terbuka jika nantinya ada perkumpulan yang akan menjadi pengurus Cabor Esport. Namun ia tak lantas menerima begitu saja, melainkan harus ada struktur lengkap mulai dari provinsi. Hal itu karena nantinya KONI Kota Malang akan memikirkan bagaimana pembinaan untuk cabor prestasi yang baru diakui oleh Kemenpora dan KONI pusat tersebut.

"Bisa saja gabung KONI, tapi syaratnya provinsi harus ada, pusat juga harus ada. Selama ini kan teman-teman di Malang, mungkin karena peminatnya banyak ya itu terbentuk karena tidak adanya organisasi yang menaungi. Jadi yang ada sekarang hanya komunitas, mungkin di perguruan tinggi atau yang lain, banyak memang," papar Eddy.

Di Kota Malang sendiri, sudah banyak event Esport yang diikuti oleh kalangan anak muda. Namun event tersebut tidak terselenggara secara masif sehingga banyak orang yang tidak mengetahui.

Baca Juga : PSSI Kota Malang 'Kangen' Suasana Kompetisi Internal

Sebagai informasi, Esport secara resmi diakui sebagai sebuah cabang olahraga prestasi di Indonesia oleh Kemenpora dan KONI. Penasbihan ini, membuat Esport Indonesia yang di bawah Kepemimpinan Ketua Umum Bapak Jenderal Polisi (Purn.) Budi Gunawan dan Ketua Harian Indonesia Komjen. Pol Bambang Sunarwibowo sudah resmi menjadi cabang olahraga prestasi di Indonesia sesuai UU yang berlaku di Indonesia.

Resminya Esport di Indonesia sebagai cabang olahraga prestasi, Pengurus Besar Esport Indonesia (PB ESI) akan berfokus mencari bibit-bibit unggul di Indonesia yang siap berkompetisi di nasional dan internasional. Selain itu, pemerintah secara resmi menyetujui bahwa PB Esport Indonesia sebagai satu-satunya lembaga yang menaungi Esport sebagai sebuah olahraga prestasi di Indonesia di bawah KONI.

Topik
esportEsport masuk caborKONI KOTA MALANGketua koni kota malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru