Mbois, Bendera Merah Putih 366 Meter Hiasi Alun-Alun Tugu Kota Malang

Aug 16, 2020 11:45
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko (paling kanan) saat serah terima pembentangan bendera merah putih sepanjang 366 meter di Alun-Alun Tugu Kota Malang, Minggu (16/8). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko (paling kanan) saat serah terima pembentangan bendera merah putih sepanjang 366 meter di Alun-Alun Tugu Kota Malang, Minggu (16/8). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Berbagai cara dilakukan warga Kota Malang dalam memeriahkan HUT ke-75 RI. Salah satunya yang dilakukan komunitas Halokes Mbois Malang.

Menyambut perayaan Hari Kemerdekaan RI itu, para alumni memasang bendera sepanjang 366 meter memutari kawasan Alun-Alun Tugu Kota Malang, Minggu (16/8/2020).

Baca Juga : Grafis di Spanduk HUT RI Disebut Mirip Simbol Salib, Ormas Islam di Karanganyar Protes

Ketua Alumni Halokes Mbois Malang, Heru Dedi Budiantoro mengatakan pemasangan bendera dilakukan di Alun-Alun Tugu Kota Malang karena sebagai pusat pemerintahan. Apalagi, lokasinya menjadi perlintasan bagi semua orang khususnya di Kota Malang.

Sehingga, dengan bentangan bendera tersebut bisa memunculkan rasa nasionalisme bagi semua lapisan masyarakat.

"Ini simbol dari pusat pemerintahan di Alun-Alun Tugu. Kita berharap tidak hanya warga Kota Malang yang melintas, tapi juga unsur eksekutif dan legislatif ikut aktif dalam menumbuhkan kembali nasionalisme," ujarnya.

Bentangan bendera tersebut secara resmi juga diserahterimakan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. Yang mana, setiap tahunnya diharapkan bisa selalu terbentang melingkari bundaran Alun-Alun Tugu Kota Malang.

"Bendera yang kami bentangkan itu tidak terputus, bersambung semuanya,
Kami serah terimakan kepada Pak Wawali (Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko) mewakili dari Pemerintah Kota Malang. Kami berharap nantinya akan dipakai setiap tahun menjelang ulang tahun kemerdekaan RI," jelasnya.

Pemasangan bendera yang melingkari Alun-Alun Tugu Kota Malang itu rencananya dilangsungkan hingga tanggal 31 Agustus 2020 mendatang.

Baca Juga : Video Viral Petugas ATCS Bandung Tiru Gaya Ayu Ting Ting "Akang Gendang" Tegur Pelanggar

Sementara itu, Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko mengapresiasi kreativitas yang dijalankan oleh salah satu komunitas di Kota Malang ini. Terlebih, momen HUT RI ke-75 diperingati di tengah pandemi Covid-19.

Pembentangan 366 meter bendera merah putih ini baru pertama kali dilakukan di Kota Malang. 

"Kita apresiasi hal yang dilakukan oleh komunitas di Malang untuk menyemarakkan Hari Kemerdekaan. Kita sedang dalam kondisi Covid-19, tapi mari kita jadikan ini sebagai starting point kebangkitan Indonesia. Salah satunya ini, merupakan spirit kita sehingga menghadapi pandemi justru dengan saling support dan bangkit," ungkapnya.

Topik
Bendera Merah PutihHUT ke 75 Republik IndonesiaHalokes Mbois MalangAlun Alun Tugu Kota MalangBendera Merah Putih 366 Meter

Berita Lainnya

Berita

Terbaru