Update situasi covid-19 Kota Batu. (Foto: Pemkot Batu)
Update situasi covid-19 Kota Batu. (Foto: Pemkot Batu)

MALANGTIMES - Empat pasien konfirm positif covid-19 di Kota Batu berhasil sembuh pada Rabu 12 Agustus 2020. Dengan demikian, persentase kesembuhan mencapai 79 persen atau naik satu persen daripada sebelumnya.

“Rabu ada tambahan 4 pasien yang sembuh sehingga totalnya ada 155 orang sembuh di Kota Batu dengan jumlah akumulatif (positif covid) 196 orang,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu M. Chori.

Baca Juga : Menjelang Pertengahan Bulan, Jumlah Pasien Positif Covid di Malang Nyaris Tembus 600 Kasus

Ia merinci, 155 orang yang sembuh itu tersebar di tiga kecamatan. Yakni terbanyak ada di Kecamatan Batu, mencapai 58 orang. Lalu di Kecamatan Junrejo sejumlah 54 orang dan Kecamatan Bumiaji totalnya 43 orang.

Selain itu,  terdapat tambahan pasien terkonfirmasi positif covid-19 satu orang. Sehingga saat ini masih tersisa  27 orang yang positif dengan persentase 14 persen atau berkurang satu persen.

Rincian pasien yang masih positif, di Kecamatan Batu terdapat 16 orang, di Kecamatan Junrejo sejumlah 7 orang, dan Kecamatan Bumiaji ada 4 orang.

Sedangkan kasus meninggal dunia masih di angka 14 orang atau persentasenya 7 persen. Selain itu, untuk kasus lainnya, yakni suspek, ada tambahan 18 orang menjadi 194 orang.

Lalu, probable ada kenaikan 3 orang menjadi 9 orang. Lainnya, yang diisolasi ada tambahan 17 orang menjadi 61 orang. Dan discarded juga ada tambahan 3 orang sehingga menjadi 121 orang.

Sementara itu, hingga saat ini ada 10 desa/kelurahan yang tidak ada warganya terkonfirmasi covid-19 dari 24 desa/kelurahan di Kota Batu. Rinciannya, di Kecamatan Batu yakni Desa Oro-Oro Ombo dan Desa Sumberejo. Kemudian di Kecamatan Junrejo, Desa Torongrejo, Pendem, dan Kelurahan Dadaprejo. Sedangkan di Kecamatan Bumiaji, ada Bulukerto, Pandanrejo, Punten, Sumbergondo, dan Sumber Brantas. 

Jadi,  tersisa 14 desa/kelurahan yang menyisakan warganya terdapat pasien konfirm.  Rinciannya, di Kecamatan Batu ada di Kelurahan Ngaglik satu orang, Desa Pesanggarahan ada 2 orang, Kelurahan Songgokerto 1 orang, Kelurahan Sisir 4 orang, Kelurahan Temas 3 orang, dan Desa Sidomulyo 4 orang. 

Baca Juga : RS Rujukan Covid-19 dengan Fasilitas Ventilator di Kota Malang Overload

Di Kecamatan Junrejo, ada di Desa Beji 3 orang, Mojorejo 1 orang, Junrejo 1 orang, dan Desa Tlekung 2 orang. Sedangkan di Kecamatan Bumiaji, ada Desa Bumiaji, Giripurno, Gunungsari, dan Tulungrejo dengan jumlah masing-masing satu orang.

Di sisi lain,  kawasan zona merah atau risiko tinggi di Kecamatan Junrejo ada di Desa Mojorejo.dan Desa Pendem. Lalu di Kecamatan Batu ada di Desa Pesanggarahan, Kelurahan Songgokerto, dan Kelurahan Sisir. Sedangkan di Kecamatan Bumiaji ada di Desa Giripurno dan Desa Punten.

Lalu  zona oranye ada di Desa Sidomulyo, Kelurahan Ngaglik, Kelurahan Temas, Desa Beji dan Kelurahan Dadaprejo. Dan zona kuning di Kecamatan Bumiaji ada di Desa Sumber Brantas, Desa Tulungrejo, Desa Sumbergondo, Desa Bulukerto, Desa Bumiaji, Pandanrejo, Gunungsari.