Mendikbud Nadiem Makarim (Foto:   Fajar)
Mendikbud Nadiem Makarim (Foto: Fajar)

MALANGTIMES - Di masa pandemi covid-19, hampir semua kegiatan masyarakat dibatasi. Salah satunya siswa-siswi dalam menempuh pendidikan.  

Pemerintah memutuskan para siswa-siswi tetap bersekolah namun melalui sekolah online dan belajar di rumah.  Untuk melakukan kegiatan sekolah online, tentunya dibutuhkan kuota internet untuk sistem pembelajaran agar berjalan lancar.  

Baca Juga : Buat Pojok Baca, Mahasiswa UMM Teken MoU dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pamekasan

Hal itu tentunya menjadi kendala bagi banyak siswa-siswi dan orang tua mereka yang kurang mampu.  Beberapa orang tua pun sempat protes terkait biaya kuota internet tersebut.  

Mengetahui keluhan itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makariem rupanya tak tinggal diam.  Saat ini Nadiem telah berusaha untuk mengatasi kuota internet bagi siswa-siswi yang belajar di rumah atau sekolah online.  

Diakui Nadiem, saat ini Kemendikbud tengah berupaya agar pelajar bisa mendapat kemudahan soal kuota internet dalam melaksanakan pembelajaran.  Kendati demikian, Nadiem belum bisa menjanjikan kuota internet itu. "Sedang memperjuangkan dan terus mendorong dukungan untuk biaya kuota," ujarnya.

Menurut Nadiem, Kemendikbud tengah berdiskusi dengan perusahaan telekomunikasi dan operator untuk mencapai hal tersebut. Nadiem lantas berharap  semua itu bisa terwujud. 

Baca Juga : Ada Batasan Kapasitas, Ponpes Wajib Ikuti Syarat Pelaksanaan Pendidikan Tatap Muka

"Semoga saja, tapi saya tak bisa janjikan," ujarnya. Dia mengatakan hal ini adalah salah satu yang akan terus diperjuangkan oleh Kemendikbud.