Peta sebaran kasus covid-19 di Kabupaten Malang (Foto: Istimewa)
Peta sebaran kasus covid-19 di Kabupaten Malang (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Kecamatan Pakis menjadi salah satu wilayah di Kabupaten Malang dengan kasus penularan Covid-19 tertinggi. Tercatat, sampai dengan Selasa (11/8/2020) sudah ada 50 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah tersebut.

Menurut Aniswaty Aziz selaku Humas Satgas Covid-19 Kabupaten Malang, dengan catatan tersebut, menjadikan Kecamatan Pakis menggeser posisi Kecamatan Karangploso yang sebelumnya masuk kategori 3 besar wilayah dengan penyebaran Covid-19 termasif di Kabupaten Malang.

Baca Juga : Peluang Kesembuhan Pasien Covid-19 di Kabupaten Malang Lebih dari 70 Persen

”Dari laporan yang kami terima, beberapa waktu belakangan ini Karangploso sudah dikabarkan zero kasus (Covid-19, red). Sedangkan di Kecamatan Pakis masih ada penambahan kasus, kemarin (Selasa 11/8/2020) bertambah 3 orang pasien,” ungkap Aniswaty.

Dengan adanya 50 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut, membuat Kecamatan Pakis berada pada posisi ketiga sebagai wilayah terbanyak jumlah kasus positif Covid-19. Sedangkan di posisi kedua ditempati oleh Kecamatan Lawang dengan 87 kasus.

Kemudian di posisi pertama, dijelaskan Aniswaty, adalah Kecamatan Singosari dengan 160 kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

”Dari 50 kasus yang ada di Kecamatan Pakis, 29 pasien diantaranya dinyatakan sembuh. Sedangkan untuk jumlah pasien yang meninggal dunia akibat terpapar Covid-19 ada 1 orang jiwa,” terang Aniswaty.

Selain masuk sebagai salah satu wilayah dengan kasus Covid-19 terbanyak. Data dari Dinkes (Dinas Kesehatan) Kabupaten Malang juga menyebutkan, jika Kecamatan Pakis sampai dengan Selasa (11/8/2020) menjadi wilayah dengan jumlah pasien yang masih menjalani perawatan, akibat terpapar Covid-19 terbanyak di Kabupaten Malang.

Baca Juga : Di Kota Batu Ada 9 Desa/Kelurahan Bebas Kasus Covid-19

”Berdasarkan data terbaru yang kami terima, ada 20 pasien asal Kecamatan Pakis yang masih menjalani perawatan akibat terpapar Covid-19,” ujar Aniswaty sembari mengatakan jika dari 20 pasien, 17 diantaranya dirawat di rumah sakit dan 3 sisanya menjalani isolasi mandiri.

Sebagai informasi, sejauh ini ada 587 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Malang. Dari jumlah tersebut, 432 diantaranya dinyatakan sembuh, dan 43 lainnya telah meninggal dunia.