Bupati Malang HM. Sanusi saat meninjau kampung tangguh didampingi  Camat Pakisaji Mumuk Hadi Martono, Selasa (11/8/2020). (Foto: Dok. JatimTimes)
Bupati Malang HM. Sanusi saat meninjau kampung tangguh didampingi Camat Pakisaji Mumuk Hadi Martono, Selasa (11/8/2020). (Foto: Dok. JatimTimes)

MALANGTIMES - Memang angka kasus positif covid-19 di Kabupaten Malang bertambah. Namun, angka kesembuhan penderita naik tinggi.

Bupati Malang HM. Sanusi mengungkapkan bahwa angka kesembuhan pasien covid-19 di Kabupaten Malang mengalami kenaikan yang jika dipersentasekan mencapai 75 persen. 

Baca Juga : Dangdutannya Disorot hingga Pusat, Bupati Malang Janji Tak Mengulangi

"Sudah 75 persen. Dari 521 (yang positif covid-19, red), yang sembuh 424 orang," ungkapnya ketika ditemui awak media di sela-sela agenda kampung tangguh di Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Selasa (11/8/2020). 

Mengenai penyebab terjadinya angka kesembuhan yang menunjukkan kenaikan tinggi, Sanusi mengatakan banyak faktor. Salah satunya dengan memberikan fasilitas yang menunjang pasien covid-19 agar tidak mengalami depresi.

"Menurut ahlinya, imun harus kuat. Maka salah satu agar imun kuat, masyarakat ketika kena covid psikologinya harus kuat dan harus tetap tidak depresi, " ucapnya.

Terkait fasilitas pelayanan untuk penanganan pasien covid-19, Sanusi mengatakan rumah sakit dan rusunawa yang merupakan  tempat safe house bagi para pasien juga dilengkapi berbsgai fasilitas seperti televisi.

"Yang kedua, pelayanan rumah sakit dalam hal ini yang dirawat di rusunawa itu di kasih treatment baik, tempat bagus, ada televisi. Yang jelas mereka nggak boleh stres," terangnya. 

Selain itu, untuk para pasien covid-19 yang menjalani isolasi mandiri masing-masing di rumah pribadinya, Sanusi juga mengungkapkan tetap dilakukan perawatan dan pemantauan terhadap mereka. 

Baca Juga : Terkait Ancaman Mutasi, Ini Hasil Evaluasi Bupati Malang kepada Camat saat Tangani Covid

"Yang di rumah juga gitu, dirawat, diperbaiki semua. Mudah-mudahan tidak ada penambahan mati karena covid," harapnya. 

Sebagai informasi, hingga sampai saat ini, berdasarkan update data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, per  Selasa (11/8/2020) pukul 16.45 WIB, total pasien terkonfirmasi positif covid-19 sebanyak 587 orang. Dari jumlah itu,  432 orang dinyatakan sembuh dan 43 orang  meninggal dunia. 

Sementara itu. untuk klaster Malang Utara, yakni Singosari, Lawang dan Karangploso, yang beberapa minggu sebelumnya mendominasi penambahan angka pasien terkonfirmasi positif di Kabupaten Malang, memasuki pertengahan Agustus ini, tidak terdapat penambahan angka pasien positif covid-19.