Ular piton yang menghebohkan warga lantaran tiba-tiba melintas dan melilit kabel listrik  di Klojen. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Ular piton yang menghebohkan warga lantaran tiba-tiba melintas dan melilit kabel listrik di Klojen. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Sebuah video yang merekam kejadian cukup unik ramai jadi perbincangan di media sosial Facebook. Video tersebut diposting akun Benjo FU Deyeng Poenya pada Sabtu (8/9/2020).

Video tersebut merekam seekor ular piton yang melilit kabel listrik. Lokasinya di depan Tychi Hotel Jalan JA Suprapto, Klojen, Kota Malang.

Baca Juga : Masuk Bank di Kota Malang, Pria Ini Mendadak Meninggal Dunia

Aksi ular  tersebut  memicu atau memancing perhatian warga, termasuk anggota kepolisian. Mereka kemudian mencoba menurunkan hewan melata tersebut lantaran khawatir kabel yang dililit ular  lama-lama akan putus, yang dampaknya malah mengganggu masyarakat.

Dalam video itu, seorang warga  menggunakan sebuah kayu panjang mencoba menurunkan ular. Awalnya warga dan petugas kepolisian yang mencoba menurunkan ular tersebut mengalami kesulitan lanatran ular melilit kuat di kabel.

Namun setelah berusaha keras dengan menyentuh ular, si piton akhirnya mulai melepas lilitannya pada kabel dan ganti melilit kayu panjang. Ular akhirnya berhasil diturunkan dan langsung diamankan oleh warga sekitar dengan dipegang kepalanya agar tidak mengigit.

Ketika didatangi di lapangan, kejadian itu dibenarkan warga sekitar. "Iya Mas, melilit kabel listrik itu. Warga sempat heboh," ungkap Sugiono, warga RT 3 RW 6, Kelurahan Klojen, Minggu (9/8/2020).

Menurut Sugiono, anaknya yang bernama Hadi kemudian mengambil kayu panjang dan mencoba menurunkan piton itu. Lama ularnya tidak mau melepas lilitannya di kabel. Tapi  setelah terus dicoba, ular lalu  melilit kayu dan bisa diturunkan.

Saat diturunkan, ular sempat memberontak dan mencoba mengigit. Dari situ kemudian mulut ular diberi lakban  agar tidak melukai warga.

“Ularnya cukup besar, bisa dilihat sendiri besarnya sama kayak lengan orang dewasa. Kalau panjangnya sekitar tiga meteran,” kata Sugiono.

Baca Juga : Video Ledakan Besar di Lebanon, Puluhan Korban Meninggal hingga Ribuan Warga Luka-Luka

Mengenai asal muasal ular, Sugiono mengatakan itu ular liar yang sudah sejak lama ada di bawah jembatan Jalan JA Suprapto. Ular tersebut sebelumnya sudah sempat diketahui warga di bawah jembatan. Namun saat itu warga tidak berani menangkapnya sampai akhirnya menghilang.

"Tapi nggak tahu kok tiba-tiba muncul lagi. Manjat listrik lagi. Sampai akhirnya jalan ke tengah-tengah. Mungkin mau turun nggak bisa, akhirnya ngelilit kabel itu," ucapnya.

Saat ini, piton masih diamankan anak Sugiono. Rencananya ular tersebut akan diberikan kepada orang yang memang senang memelihara ular.

“Kalau sampai melilit orang, kan bahaya. Tahu sendiri lilitan ular ini kuat. Makanya mau diserahkan ke orang yang senang pelihara,” pungkasnya.