Wisata sambil jalan-jalan menjadi salah satu yang difavoritkan untuk melepas penat bagi para wisatawan di Malang (Ahmad Amin/MalangTIMES).
Wisata sambil jalan-jalan menjadi salah satu yang difavoritkan untuk melepas penat bagi para wisatawan di Malang (Ahmad Amin/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Masa transisi menuju new normal, geliat wisata di Kota Malang kembali menunjukkan tren positif. Karena setelah lama hanya berada di rumah saja, kini masyarakat bisa melepaskan penat dengan beraktivitas di luar rumah. Tentunya harus tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Dengan perkembangan yang ada, para pelaku industri wisata nyatanya tak hanya mempersiapkan diri dengan protokol kesehatan. Melainkan mulai menyiapkan beberapa paket baru untuk mengakomodasi kebutuhan para wisatawan.

Baca Juga : Wisata Banyu Anjlok Masuk Nominasi API Awards, Disparbud Berharap yang Terbaik

Seperti yang tengah tren sekarang, yakni wisata sambil bersepeda menjadi salah satu yang paling difavoritkan. Karena selain menawarkan suasana baru, wisata sambil bersepeda juga menawarkan hidup sehat bagi para wisatawan.

Pengelola Wijaya Fun Cycling, Hendro Wijaya menyampaikan, paket wisata sambil bersepeda banyak difavoritkan wisatawan lokal. Karena selama pandemi, memang belum banyak wisatawan dari luar kota yang masuk. Begitu juga sebaliknya, wisatawan dari Malang juga belum banyak yang melakukan perjalanan ke luar.

"Terlebih sekarang ini bersepeda sedang jadi kebiasaan dan viral di masyarakat," katanya.

Momen itupun ditangkap Hendri yang memang sudah lama bergelut dalam industri wisata. Ternyata, respons masyarakat dan wisatawan cukup positif. Selama ini, wisatawan banyak menikmati paket yang melakukan perjalanan turun gunung maupun perjalanan di beberapa track sepeda lainnya.

"Kalau dari gunung, kami naik menggunakan mobil, lalu turun dengan bersepeda," terangnya.

Sementara bagi pemula, menurutnya lebih banyak memiliki paket track yang landai. Salah satunya track menyusuri Sungai atau Kali Cemplong. Para wisatawan disuguhkan dengan jalur yang menantang dan pemandangan yang indah.

"Ini sekaligus untuk meningkatkan pembangunan desa setempat," terang Hendri.

Baca Juga : Berburu Sunset di Puncak Ratu, Menikmati Panorama Alam Pamekasan dari Ketinggian 800 Mdpl

Untuk bisa menikmati jalur bersepeda Wijaya Fun Cycling, para wisatawan tak harus memiliki sepeda. Karena di sana telah disediakan sepeda yang bisa disewa untuk para wisatawan. Hal itu juga memisahkan wisawatan yang berasal dari luar kota.

Salah satu wisatawan yang turut dalam perjalanan menyusuri Kali Cemplung, Andi Hartik menilai, berwisata sambil bersepeda seperti yang ditawarkan Wijaya Fun Cycling ini sangat menyenangkan. Sebagai pemula, ia merasa sangat tertantang dengan rute yang disediakan.

"Menyusuri sungai bagi pemula cukup menantang, tapi pemandangan ya indah. Jadi berwisata sekaligus berolahraga dan ini menyenangkan dan bikin fresh," terang Andi.