Wisata Banyu Anjlok yang masuk nominasi surga tersembunyi terpopuler API Award 2020. (Foto: Instagram APIaward)
Wisata Banyu Anjlok yang masuk nominasi surga tersembunyi terpopuler API Award 2020. (Foto: Instagram APIaward)

MALANGTIMES - Wisata air terjun yang berada di pinggir pantai yang biasa dikenal dengan Wisata Banyu Anjlok masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards 2020 yang digagas oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI dan bersaing dengan keindahan alam dari daerah lainnya di Indonesia. 

Wisata Banyu Anjlok yang terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang ini merupakan aset keindahan alam yang harus dijaga dan didorong terus agar menjadi ikon wisata alam Kabupaten Malang yang menasional hingga mendunia. 

Baca Juga : Berburu Sunset di Puncak Ratu, Menikmati Panorama Alam Pamekasan dari Ketinggian 800 Mdpl

Wisata Banyu Anjlok masuk dalam salah satu nominasi API Awards 2020 yakni sebagai surga tersembunyi terpoluler. Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara mengharapkan dengan masuknya Wisata Banyu Anjlok sebagai nominator, agar dapat menghasilkan yang terbaik. 

"Semoga aja bisa menjadi yang terbaik," ujarnya ketika dikonfirmasi MalangTimes, Sabtu (8/8/2020). 

Hal itu merupakan harapan Made yang mendalam selaku perwakilan dari Disparbud Kabupaten Malang, karena pada saat ini di tengah pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia, Kabupaten Malang masih dapat menorehkan prestasi melalui dunia pariwisatanya. 

Dengan menghadirkan keindahan alamnya yang alami dan memang merupakan surga tersembunyi di Laut Selatan Pulau Jawa yang berada di Kabupaten Malang. 

Untuk masuk sebagai nominasi harus melalui usulan dari Disparbud masing-masing daerah. Dan kali ini untuk wilayah Kabupaten Malang terdapat dua tempat wisata yang masuk nominasi di API Awards 2020. 

Pertama ada Wisata Banyu Anjlok yang masuk sebagai nominator surga tersembunyi terpopuler, serta yang kedua Wisata Boon Pring sebagai nominator ekowisata.

Sementara itu, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Purwodadi, Mukhlis menjelaskan bahwa cocok sekali jika Wisata Banyu Anjlok masuk dalam nominasi surga tersembunyi terpopuler. 

"Dari nominasi sudah sangat cocok karena untuk ke sana sangat tersembunyi," ujarnya, Sabtu (8/8/2020). 

Dikatakan tersembunyi karena memang letak Wisata Banyu Anjlok terletak di balik bukit dan setelah itu melewati sebuah desa yakni Desa Purwodadi. Dari pusat Kota Malang membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk sampai di titik pemberhentian yang pertama yakni Desa Purwodadi. 

Kemudian dikatakan Mukhlis, wisatawan harus melalui jalanan hingga sampai di pemberhentian ke-dua Pantai Lenggoksono atau Pantai Wedi Awu.

"Wisatawan masih harus naik ojek melewati medan yang relatif ekstrim. Bisa juga lewat laut, tapi harus melewati tantangan ombak besar," ungkapnya. 

Baca Juga : Aku Melihat Indonesia, Puisi Karya Presiden Soekarno Ini Ungkap Gelora Pantai Ngliyep

Tetapi saat sampai di lokasi Wisata Banyu Anjlok wisatawan tidak akan merugi dengan disuguhkan pemandangan alam yang indah dan kenikmatan wisata alam yang luar biasa. 

"Paketnya lengkap mulai dari kolam alami, air terjun yang jatuh ke laut, bisa mandi air laut, mandi segarnya air terjun dan ada goa alami," ujarnya.

Terkait masuknya Wisata Banyu Anjlok sebagai nominasi di API Awards, Mukhlis mengatakan khususnya warga Desa Purwodadi juga terus gencar mempromosikan untuk mengajak masyarakat luas agar melakukan voting dan menjatuhkan pilihan ke Wisata Banyu Anjlok. 

"Kita dari Pokdarwis sampai Pemerintah Desa Purwodadi sudah semangat sekali untuk mempromosikan wisata kita agar menang," bebernya. 

Untuk jadwal voting sendiri telah berjalan sejak Bulan Agustus 2020 hingga Bulan Desember 2020 dan pemberian penghargaan atas menangnya nominasi akan diberikan pada Bulan Januari 2021 di Jakarta. 

Terdapat beberapa cara untuk melakukan voting yakni dengan mengirimkan SMS, melalui Instagram, YouTube atau website yang telah tertera.

Untuk mengirimkan SMS dapat dilakukan masyarakat dengan mengetik API (spasi) kode kategori dan nominasi, lalu kirim SMS ke nomor 99386. Sedangkan jika voting melalui Instagram dengan follow akun @APIaward lalu cari video sesuai nomor dan kategori dengan klik logo love. 

Sedangkan jika masyarakat ingin melakukan voting melalui YouTube dapat dilakukan debgan subscribe channel APIaward terlebih dahulu. Lalu cari video yang sesuai nominasi dan kategori. 

Langkah terakhir juga dapat dilakukan melalui website dengan melakukan searching link website https://anugerahpesonaindonesia.com dan langsung klik vote yang sesuai dengan nominasi dan kategori yang dipilih.