Update kondisi pasien Covid-19 di Kota Batu. (Foto: Pemkot Batu)
Update kondisi pasien Covid-19 di Kota Batu. (Foto: Pemkot Batu)

MALANGTIMES - Angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Batu turun menjadi 78 persen, padahal sebelumnya sudah mencapai 81 persen. Hal ini dipicu adanya penambahan pasien terkonfirmasi positif aktif sejumlah 6 orang, Sabtu (8/8/2020) kemarin.

Sementara, di hari yang sama belum ada tambahan pasien sembuh lagi. Hingga saat ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 aktif mencapai 15 persen dan meninggal 7 persen. 

Baca Juga : Jadi Shelter Pasien Covid-19 di Kota Batu, Hotel Diberi Reward Ini

Secara akumulatif, jumlah warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 192 orang. Sebanyak 29 orang masih dalam perawatan, yang sembuh 150 orang, dan meninggal dunia 13 orang. 

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, M. Chori mengatakan ada penambahan ada 6 orang dalam sehari. Tambahan itu dari beberapa desa/kelurahan di tiga kecamatan.

“Hari ini (Sabtu) ada penambahan 6 kasus konfirm sehingga total konfirm kota Batu sebanyak 192 kasus,” ucapnya. Ia merinci ke-6 warga itu yakni AS, 57 tahun domisili Desa Beji, Kecamatan Junrejo.

Sebelumnya pasien ini memiliki kontak erat dengan C-183. Pasien tersebut saat ini dirawat di RS Universitas Muhammadiyah Malang. Lalu S, 62 tahun domisili Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, status sebelumnya probable, dan menjalani perawatan di RS Hasta Brata

Selanjutnya dengan inisial S, usia 74 tahun merupakan warga Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. Sebelumnya dengan status probable, saat ini dirawat di RS Hasta Brata.

“Kemudian MS, 37 tahun domisili Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, memiliki status sebelumnya suspect dengan gejala ringan, saat ini isolasi mandiri di rumah,” jelas pria yang juga Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Batu.

Lainnya yakni DP, 30 tahun merupakan warga Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji. Status sebelumnya adalah probable, dan menjalani perawatan di RS Karsa Husada.

Baca Juga : Bertambah Belasan Kasus, Pasien Positif Covid-19 Masih Didominasi Klaster Malang Utara

Dan RB, 31 tahun warga Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu. Sebelumnya memiliki kontak erat, saat ini dirawat di RS Karsa Husada. 

Sementara itu kasus suspek jumlahnya menjadi 176 warga. Probable bertambah berkurang dua orang menjadi 4 orang. Diisolasi berkurang dua orang menjadi 37 warga dan discarded 118 orang.

Dengan kawasan zona merah atau risiko tinggi di Kecamatan Junrejo ada di Desa Mojorejo, Desa Pendem. Lalu di Kecamatan Batu ada di Desa Pesanggarahan, Kelurahan Songgokerto, dan Kelurahan Sisir. Kecamatan Bumiaji ada di Desa Giripurno, dan Desa Punten.

Lalu untuk zona orange ada di Desa Sidomulyo, Kelurahan Ngaglik, Kelurahan Temas, Desa Beji, dan Kelurahan Dadaprejo. Dan zona kuning, di Kecamatan Bumiaji ada di Desa Sumber Brantas, Desa Tulungrejo, Desa Sumbergondo, Desa Bulukerto, Desa Bumiaji, Pandanrejo, Gunungsari, dan. 

Di Kecamatan Batu ada di Desa Sumberejo, dan Oro-Omobo. Sedangkan di Kecamatan Junrejo ada di Desa Tlekung, Junrejo, dan Torongrejo.