Rumah Abu Jahal dijadikan toilet umum (Foto: YouTube)
Rumah Abu Jahal dijadikan toilet umum (Foto: YouTube)

MALANGTIMES - Bagi umat muslim, pasti pernah mendengar kisah mengenai Abu Jahal bukan? Abu Jahal merupakan tetangga dari Nabi Muhammad SAW.  

Keduanya memiliki rumah yang tak jauh dari Kabah yang kini menjadi bagian dari komplek Masjidil Haram. Namun, rumah peninggalan Abu Jahal tersebut bukan dijadikan sebagai tempat ibadah.  

Baca Juga : Mewahnya Rumah Imam Masjidil Haram Syeikh as-Sudais, Sopirnya Asal Indonesia

 

Kabarnya, lokasi rumah milik Abu Jahal kini dijadikan sebagai toilet umum di komplek Masjidil Haram. Peninggalan rumah Abu Jahal yang dijadikan toilet umum tersebut terlihat melalui tayangan channel YouTube Alman Mulyana.

Di video tersebut dikatakan jika terdapat 1000 toilet di bekas rumah Abu Jahal yang terbagi untuk laki-laki dan perempuan. Sementara juga terdapat dua pintu masuk untuk laki-laki dan perempuan.  

Letak toilet tersebut berada di dekat pintu keluar Bukit Marwa, tempat orang-orang mengakhiri ibadah Sa'i. Kendati sebagai tetangga dan terhitung sebagai kerabat Nabi, Abu Jahal merupakan salah seorang tokoh yang sangat menentang dakwah Nabi Muhammad SAW.  

Kala itu, Abu Jahal sempat punya niat jahat kepada nabi. Ketika nabi sedang sujud, seketika muncul Abu Jahal yang membawa bongkahan batu besar dan berniat membunuh nabi.  

Namun, tiba-tiba Abu Jahal justru melempar batu tersebut ke arah lain dan kemudian berlari terbirit-birit. Hal itu lantaran, Abu Jahal melihat seekor unta yang sangat besar dan siap menelannya.

Bahkan, Abu Jahal langsung pingsang saat tiba di rumahnya lantaran ketakutan. Selain itu, ia juga merupakan orang yang memiliki inisiatif agar semua orang Quraisy yang tak setuju dengan dakwah nabi bersekutu untuk membunuh nabi.  

Namun, niat tersebut gagal lantaran nabi keburu berangkat hijrah meninggalkan Mekkah menuju ke Madinah. Saat itulah Abu Jahal gembira dan berpesta pora karena merasa berhasil mengalahkan orang yang selama ini dibencinya.

Baca Juga : Mewahnya Rumah Imam Masjidil Haram Syeikh as-Sudais, Sopirnya Asal Indonesia

 

Ia memandang, Nabi Muhammad yang meninggalkan Mekkah merupakan sebuah kekalahan. Hingga akhirnya, Abu Jahal meninggal dunia dalam kondisi kepala terpenggal saat terjadi Perang Badar.  

Ia dibunuh oleh dua pemuda yang sama sekali tidak memiliki pengalaman perang. Di video tersebut juga terlihat ribuan jamaah haji yang berlalu lalang di kawasan Masjidil Haram.  

Ditunjukkan pula di video, rumah peninggalan dan juga tempat lahir Rasulullah. Kini, rumah Rasulullah itu dijadikan sebagai perpustakaan Dar Arqom.

Perpustakaan tersebut digunakan sebagai tempat penyimpanan kitab-kitab tua karangan para ulama besar di Mekkah, seperti Maulana Syekh Hasan Mahsyat, Maulana Syekh Amin Qutbi.

Terlihat juga gunung bernama Jabal Qubes yang menjadi saksi bisu Saidina Umar bin Abdul Khattab sahabat Nabi juga Khalifah kedua, pernah mendaki, berdiri dan mengeluarkan suara lantangnya menyatakan dirinya telah masuk Islaman mengikuti agama Rasulullah.