Abdurrahman as-Sudais (Foto: Islampos)
Abdurrahman as-Sudais (Foto: Islampos)

MALANGTIMES - Sosok Imam Masjidil Haram, Abdurrahman as-Sudais atau yang lebih dikenal Syeikh Sudais memang membuat kagum seluruh umat muslim. Sebagai imam senior di Masjidi Haram, Syeikh Sudais memiliki suara khas dan merdu.  

Saat beliau mengimami dan mengaji, suara Syeikh Sudais begitu menyejukkan hati. Syeikh Sudais juga dikenal sebagai syeikh besar di Arab Saudi.

Baca Juga : Benua Australia Makin Dekat dengan Indonesia, Apa yang Akan Terjadi?

 

Tak ayal banyak masyarakat yang ingin bertemu dan mengetahui sosok beliau. Selain itu, kediaman Syeikh Sudais juga membuat penasaran publik.  

Nah, buat kalian yang penasaran seperti apa sih rumah Syeikh Sudais?  

Syeikh Sudais ternyata memiliki rumah yang begitu megah. Rumah itu berada di perumahan elit di kawasan Alawali, Mekkah. Di perumahan elit tersebut biasanya dihuni oleh orang-orang kaya di Arab Saudi dan para pengusaha.  

Hampir semua Imam Masjidil Haram ternyata memiliki rumah di perumahan elit tersebut, sebagai contoh yakni Saud asy-Syuraim. Penampakan rumah mewah Syeikh Sudais itu terlihat melalui unggahan channel YouTube Mas Awiee.  

Tampak dalam video itu, parkiran yang begitu luas berada di depan rumah Syeikh Sudais. Rumah mewah tersebut memiliki beberapa pintu masuk dengan pagar warna hijau.  

Jika dilihat, rupanya kita akan lelah saat mengelilingi rumah Syeikh Sudais yang sangat luas itu dengan berjalan kaki. Dikatakan juga di video tersebut jika Syeikh memiliki beberapa mobil mewah, salah satunya mobil anti peluru.  

Selain memiliki rumah mewah, Syeikh Sudais ternyata memiliki masjid yang cukup besar di kawasan rumahnya. Masjid tersebut, juga digunakan oleh para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) untuk melakukan kegiatan keagamaan.  

Di video yang diunggah oleh akun Mas Awiee itu tampak beberapa TKI yang tengah berkegiatan kajian. Masjid milik Syeikh Sudais tersebut bernama Masjid Imam Dawah.

Di video selanjutnya yang diunggah oleh akun Alman Mulyana, juga diperlihatkan sekeliling rumah Syeikh Sudais yang dikelilingi pohon kurma.  

Terlihat pula dua gerbang utama warna hijau yang difungsikan sebagai pintu masuk laki-laki dan perempuan. Di video tersebut, juga diceritakan jika Syeikh Sudais selalu dikawal saat menuju Masjidil Haram.  

Informasi tersebut disampaikan oleh sopir Syeikh Sudais bernama Jiad. "Iya, Syeikh dikawal ada sopir satu dan polisi satu," ujar Jiad.  

Baca Juga : Sajadah Jadul Mendadak Viral, Warganet Baru Sadar Ada Bangunan Hagia Sophia!

 

Lantas ia menceritakan bagaimana sosok Syeikh Sudais. "Ya Syeikh gak banyak omong, di mobil juga jarang ngomong," kata Jiad.  

Jiad mengatakan jika di mobil Syeikh Sudais lebih banyak mengaji. Jiad merupakan salah satu TKI yang sangat beruntung bisa bekerja pada Imam Masjidil Haram.  

Rekan-rekan TKI pun banyak memberi pujian kepada Jiad. Lantaran banyak yang ingin sekali bekerja bersama Imam Masjidil Haram itu.  

Jiad merupakan TKI asal, Salatiga, Jawa Tengah. Ia sudah bekerja dengan Syeikh Sudais selama 10 tahun. Dari Jiad juga didapatkan informasi jika Syeikh Sudais memiliki empat istri yang merupakan sunnah Rasul.

Lalu Jiad juga menginformasikan jika ingin bertemu dan bersalam dengan Syeikh Sudais yakni setelah salat Idul Fitri.  

"Kalau ingin bertemu dan salaman bisa di rumah melalui pintu belakang setelah Id," paparnya.  

Sayangnya, di video tersebut tak nampak rumah Syeikh Sudais di bagian dalam. Lantaran rumah tersebut dijaga ketat yang dikelilingi oleh CCTV.