Pelaku pencurian helm saat beraksi di kawasan Jalan Jombang (Ist)
Pelaku pencurian helm saat beraksi di kawasan Jalan Jombang (Ist)

MALANGTIMES - Aksi kriminalitas, seperti pencurian helm bermerek saat ini mulai marak. Apalagi saat ini helm sudah menjadi gaya hidup tersendiri bagi pengendara motor, selain sebagai pelindung kepala.

Aksi pencurian sendiri, beberapa waktu sebelumnya juga sempat meresahkan masyarakat. Kejadian tersebut sempat terjadi di kawasan Jalan Muharto, tepatnya di parkiran sebuah toko kosmetik. Di sana maling terekam CCTV menggasak sebuah helm INK Centro milik karyawan toko, Rabu (29/7/2020).

Baca Juga : Beli Seserahan, Ransel Calon Pengantin Dicuri Maling Bermasker di Parkiran Terekam CCTV

Selain itu, kejadian lainnya juga terjadi kawasan Jalan Jombang, Kecamatan Klojen, pada Jumat (7/8/2020). Di situ, maling juga terekam CCTV menggasak sebuah helm retro milik dari seorang pengendara motor yang tengah parkir di depan toko aksesoris hp.

Helm-helm yang dicuri di dua lokasi tersebut merupakan helm-helm bermerek, yang notabene harga bekas jika dijual masih tetap tergolong mahal di pasaran.

Ida Mashuda (31), salah satu penjual helm dikawasan pertokoan di Jalan Trunojoyo, Klojen, Kota Malang, mengungkapkan, jika saat ini, helm-helm bermerek memang masih banyak menjadi sasaran pencurian.

Terlebih lagi untuk merek helm tertentu, seperti halnya INK, KYT, MDS, hingga helm yang saat ini sedang booming. Seperti helm retro merek Cargloss, memang banyak menjadi sasaran pencurian. 

Helm merek-merek tersebut harganya cukup mahal dalam kondisi baru. Mulai dari harga Rp 250 ribu sampai harga Rp 1 juta-an, tergantung dari tipe helm.

"Namun untuk yang di toko saya hanya ada INK, KYT, MDS dan juga helm-helm retro. Pelanggan saya seringkali membeli lagi. Alasannya ya itu karena katanya helm hilang dicuri. Kalau yang saya tau kebanyakan helm pelanggan INK sama KYT yang sering hilang. Selain itu merek tadi yang setahu saya banyak diminati," bebernya, (8/8/2020).

Sementara itu, Andik, salah satu penjual helm bekas di kawasan Pasar Comboran, Kota Malang, mengatakan, memang helm bermerek INK, KYT ataupun helm Retro merek Cargloss saat ini menjadi incaran banyak masyarakat. Dalam sehari, ia terkadang bisa menjual satu sampai dua helm jenis atau merek tersebut.

Baca Juga : Ada 1.851 Tilang di Operasi Patuh Semeru, Terbanyak Justru di Kawasan Tertib Lalu Lintas

Ia sendiri mengaku, mendapatkan helm-helm bekas dari orang-orang yang memang menjual helm masih dalam kondisi mulus dan lengkap dengan kardus helm. Hal itu untuk menghindari helm yang dijual merupakan helm curian.

"Harga bekasnya kalau KYT, INK yang bukan fullface dan helm retro, sekitar Rp 150 ribu sampai Rp 300 ribuan melihat kondisi. Memang banyak yang cari, jualnya juga mudah," pungkasnya.