Pelaku saat beraksi mengambil tas ransel milik korban (Ist)
Pelaku saat beraksi mengambil tas ransel milik korban (Ist)

MALANGTIMES - Jangan meninggalkan barang-barang apapun di sepeda motor walaupun hanya beberapa meter. Hal itulah yang saat ini harus benar-benar diperhatikan masyarakat. Sebab jika tidak, pelaku kejahatan sewaktu-waktu dapat menjadikan anda sebagai korbannya.

Seperti yang terjadi di sebuah toko kosmetik yang ada di kawasan Jalan Muharto, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang ini. Seorang pelanggan toko yang tengah membeli paket lamaran pengantin harus kehilangan tas miliknya setelah dicuri oleh seorang laki-laki berpenutup muka.

Baca Juga : Kelakuan Jahat Kambuh, Residivis Curanmor asal Lumajang Balik ke Hotel Prodeo

 

Andi Supartik (54) pemilik toko mengungkapkan, jika kejadian tersebut terjadi di parkiran di depan tokonya yang memang jaraknya hanya sekitar satu meteran dari toko. Kejadian tersebut terjadi pada Selasa, (4/8)2020).

"Kalau untuk nama pemilik tasnya saya lupa, tapi yang jelas katanya tinggal di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang. Korban katanya bekerja di pujasera yang berada di Mitra, Malang," jelasnya, (7/8/2020).

Saat itu, korban datang ke toko sekitar pukul 21.05 WIB. Korban parkir disebelah sisi kiri toko. Tak lama kemudian, sekitar pukul 21.07 WIB, datang seorang pria yang mengendarai motor Honda Supra dengan ciri badan tinggi, sedikit kurus, mengenakan masker dan menggunakan topi dan celana pendek langsung parkir di sebelah motor korban.

Di situ pelaku langsung mematikan mesin sepeda motornya agar dikira sedang menunggu pembeli. Setelah itu, pelaku menoleh kanan kiri untuk memastikan situasi sekitar, termasuk korban yang di dalam toko tidak mengetahui aksinya.

Setelah dirasa aman, didukung suasana jalan yang lumayan sepi, pelaku kemudian langsung mengambil tas korban dan kemudian segera kabur meninggalkan lokasi parkiran.

Baca Juga : Ada 1.851 Tilang di Operasi Patuh Semeru, Terbanyak Justru di Kawasan Tertib Lalu Lintas

 

"Tas diambil, pelaku langsung nyalain motornya dan segera kabur. Tas yang dibawa korban ada dua sebenarnya, namun satunya tas selempang dibawa ke dalam toko," ungkapnya.

Selanjutnya, ketika korban keluar, ia begitu kaget, begitu mendapati jika tas ransel miliknya yang berada pada sepada motor telah raib. Mengetahui hal itu, ia kemudian meminta pemilik toko untuk melihat rekaman CCTV. Benar saja ketika dilihat, ada maling yang mencuri tas miliknya.

"Katanya isi tasnya ada uang Rp 1 Juta, sama pakaian dan ada beberapa dokumen. Korban sendiri setelah kejadian juga langsung melapor ke polisi  membawa bukti rekaman CCTV," pungkasnya.