Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI, Zainut Tauhid Sa'adi. (Foto: istimewa)
Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI, Zainut Tauhid Sa'adi. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Kebanggaan Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI, Zainut Tauhid Sa'adi begitu terlihat saat memberikan wejangan terhadap dokter muda Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) di momen Yudisium Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Malang belum lama ini.

Ia mengapresiasi semangat mereka yang tetap semangat merampungkan studinya di tengah segala keterbatasan kondisi pandemi Covid-19.

Baca Juga : FKIK UIN Malang Luluskan Dokter Muda Angkatan Pertama

Dalam kesempatan tersebut, ia meminta mereka yang telah mengikrarkan Janji Dokter Muda untuk mulai menumbuhkan rasa tanggung jawab profesi.

"Profesi dokter yang sering dianggap prestisius bagi masyarakat, sebenarnya menyimpan tanggung jawab yang berlapis. Tak hanya sebagai pribadi, tapi juga sebagai pengabdi masyarakat. Ada amanah besar yang saudara emban dan harus dipertanggungjawabkan kepada sesama kolega dokter dan juga kepada pasien," ucapnya melalui video conference call.

Oleh karena itu, seorang calon dokter harus memahami ketentuan mengenai peraturan pelayanan kesehatan dan praktik profesi dokter serta menjalankannya dengan sepenuh hati. Ada hak dan kewajiban dokter serta pasien yang perlu dipahami secara mendalam.

"Setelah itu, berikanlah pelayanan kesehatan sesuai standar medis," sambungnya.

Meski profesi dokter penuh dengan banyak risiko, Zainut mengungkapkan, profesi dokter juga memiliki perlindungan hukum yang resmi. Namun, hukum tersebut berlaku dengan syarat dan ketentuan.

"Yang penting, pastikan bahwa yang saudara lakukan nantinya sebagai dokter sudah memenuhi operation standard," tandasnya.

Baca Juga : Nadiem Makarim Mengaku Sedih Dilaporkan Komnas HAM

Sementara itu, Rektor UIN Malang Prof Dr Abdul Haris MAg. memberikan pesan kepada lulusan agar nantinya, jika sudah bergelar dan berprofesi sebagai dokter, ia berharap lulusan UIN Malang tidak jumawa. Dengan Janji Dokter yang telah diucapkan, ada amanah umat yang besar yang dibebankan kepada dokter muda ini.

"Para dokter muda UIN Malang memiliki misi yang lebih penting dari sekadar mengumpulkan materi duniawi. Sudah sepatutnya ada misi dakwah dan berjuang di jalan Allah dengan profesi dokter yang saudara pilih," tuturnya.

Ia pun berharap agar dokter muda dari UIN Malang menjadi pionir bagi dokter jebolan kampus lain dalam menjalankan amanah yang dititipkan Allah dan umat manusia dengan setulus hati.