Kabag Ops Polres Malang, AKP Hegy Renanta Koswara saat dilakukan pengecekan suhu oleh salah satu pegawai Warung Pan Java, Kamis (6/8/2020). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes)
Kabag Ops Polres Malang, AKP Hegy Renanta Koswara saat dilakukan pengecekan suhu oleh salah satu pegawai Warung Pan Java, Kamis (6/8/2020). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes)

MALANGTIMES - Kabupaten Malang tidak hanya terkenal dari sisi wisata alam, wisata kuliner pun banyak diincar pengunjung saat datang ke wilayah terluas kedua di Jawa Timur ini. Memasuki era new normal, sektor wisata dan kuliner ini diprediksi akan cepat memicu pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19. 

Meski demikian, Kabag Ops Polres Malang, AKP Hegy Renanta Koswara meminta para pengelola restoran dan tempat wisata agar terus memutar roda perekonomian dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan ketat. 

Baca Juga : Jasa Permak Daging Kambing, Uniknya Cara Warga Tulungagung Manfaatkan Momen Idul Adha

"Jadi seluruh tempat di wilayah Kabupaten Malang baik dari segi pariwisata, restoran maupun tempat pembelanjaan lainnya diharapkan untuk kembali memutar roda perekonomiannya. Dalam arti tetap melaksanakan protokol kesehatan," jelasnya ketika mengunjungi salah satu restoran populer di Kabupaten Malang, yakni Warung Pan Java yang berada di wilayah Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kamis (6/8/2020) petang.

Saat meninjau Warung Pan Java, Hegy pun melihat protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Tim Satgas Transisi New Normal Kabupaten Malang telah dipenuhi oleh pihak pengelola.

Seperti pengecekan suhu ketika sebelum memasuki area Warung Pan Java, diwajibkan mengenakan masker, serta seluruh pengunjung diarahkan mencuci tangan terlebih dahulu pada tempat yang telah disediakan. 

Hal ini dilakukan sebagai upaya menjaga kesehatan dan langkah dini untuk mencegah persebaran Covid-19 yang telah mewabah di Kabupaten Malang.

"Semua kesehatan ini menjadi tanggung jawab kita semua dan Pan Java ini saya lihat posisinya dari SOP (Standard Operational Procedure, red) pelaksanaan protokol kesehatannya sudah memenuhi," ungkapnya. 

Hanya saja meskipun telah terlihat memenuhi SOP protokol kesehatan, tim Satgas Transisi New Normal Kabupaten Malang juga harus melakukan kontrol, utamanya terkait physical distancing.

"Tinggal nanti disampaikan tentang permasalahan kontrol physical distancing," imbuhnya. 

Baca Juga : Perumahan Bernuansa Alami dengan Wisata Air Hadir di Malang

Pria yang sebelumnya berdinas sebagai Kasatlantas Polres Nganjuk ini berharap kepada seluruh pengelola tempat wisata maupun restoran khususnya di bidang kuliner agar dapat mencontoh penerapan protokol kesehatan Covid-19 yang ada di Warung Pan Java. 

"Harapannya seluruh tempat makan atau tempat pariwisata lainnya bisa mencontoh Pan Java ini," tutupnya.