Wakil Walikota Malang Sofyan Edy Jarwoko saat melakukan penanaman pohon kenangan pertama di TPU Sukorejo bersama Kasat Intel, Kepala UPT PPU dan unsur instansi lain (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Wakil Walikota Malang Sofyan Edy Jarwoko saat melakukan penanaman pohon kenangan pertama di TPU Sukorejo bersama Kasat Intel, Kepala UPT PPU dan unsur instansi lain (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Pemakaman Umum (PPU), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, semakin menghijaukan kawasan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sukorejo, Jodipan Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Upaya tersebut dilakukan dengan pertama kalinya menerapkan program penanaman pohon kenangan di lokasi pemakaman yang nantinya bermanfaat atau bisa menjadi sebuah sedekah, namun dalam bentuk oksigen.

Penanaman pertama kali secara simbolis dilakukan oleh Wakil Walikota Malang, Sofyan Edy Jarwoko bersama Kasat Intel Polresta Malang Kota, Kompol Sutiono dan juga unsur jajaran lain, termasuk juga Kepala UPT PPU, Takroni Akbar.

Baca Juga : Webinar Pertama Sukses, DLH Kota Malang akan Buat Webinar Jilid 2 Terkait Zero Waste

Wakil Walikota Malang, menjelaskan, jika gagasan ini sangatlah bagus. Sebab, penanaman pohon ini, terlebih lagi dengan melibatkan masyarakat atau ahli waris, tentunya juga sebagai reboisasi kawasan makam agar semakin hijau.

"Bilamana terdapat warga atau ahli waris yang sudah menyadari, dan ingin membangun kawasan makam atau memberikan sumbangan satu pohon, tentu itu sangatlah bagus. Terkait hal itu sudah diimbau beberapa waktu lalu dan sudah berjalan," bebernya, saat ditemui di TPU Sukorejo, Selasa (4/8/2020).

Sementara itu, Takroni Akbar, menjelaskan, jika ahli waris bisa berpartisipasi dalam program Pohon Kenangan. Mereka ahli waris bisa menyumbangkan pohon ke UPT dengan meniatkan atas nama keluarganya yang meninggal.

"Tentunya ini sebagai bentuk sedekah oksigen juga. Selama pohon terus memberikan manfaat, pahala akan terus mengalir untuk almarhum," jelasnya.

Untuk jenis pohon yang ditanam di TPU Sukorejo  berjenis tanaman coklat. Dipilihnya jenis tanaman itu lantaran memang TPU Sukorejo juga akan dibranding sebagai lokasi makam yang berpotensi wisata dan jauh dari kengerian.

Baca Juga : Pemanfaatan Filter Air dengan Botol Bekas, Cipta Karya Turut Dongkrak Ekonomi Warga

"Di sini kan juga ditetapkan sebagai lokasi pemakaman Covid. Nah di situ kami juga manfaatkan atau menamai pohon atau buah coklatnya jika berbuah sebagai coklat Corona," terangnya.