Data peta sebaran covid-19 per Senin 3 Agustus 2020. (Foto: Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu)
Data peta sebaran covid-19 per Senin 3 Agustus 2020. (Foto: Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu)

MALANGTIMES - Selama tiga hari berturut-turut, angka konfirm positif covid-19 di Kota Batu nihil hingga Senin (3/8/2020). Kabar baiknya  lagi, angka yang sembuh ada tambahan 5 orang dan sudah tidak ada warga yang melakukan isolasi di shelter Hotel Mutiara Baru.

“Tidak ada pasien konfirm selama tiga hari ini, bahkan sudah tidak yang isolasi di shelter Hotel Mutiara Baru,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu M. Chori.

Baca Juga : Tambah 4 Pasien, Jumlah Kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Malang jadi 520 Kasus

Chori merinci jumlah akumulatif pasien psoitif covid di Kota Batu ada  170 orang. Rinciannya, masih terdapat 12 orang yang menjalani perawatan. Lima di antaranya menjalani perawatan di rumah sakit.

Lalu tujuh orang melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Dan, sudah tidak ada orang yang isolasi mandiri dengan menempati shelter di Hotel Mutiara Baru. 

Sedangkan angka sembuh sudah mencapai 147 orang atau tambahan 5 orang. Lima yang sembuh terakhir itu seluruhnya dari Kecamatan Batu. Yakni satu orang warga Desa Oro-Oro Ombo, pasien pertama yang sembuh dari desa itu. 

Juga satu warga Kelurahan Ngaglik yang berarti menjadi orang ke-19  yang sembuh dari kelurahan itu. Kemudian dua orang warga Kelurahan Sisir sehingga seluruhnya menjadi 22 orang yang sembuh dari kelurahan tersebut.  Dan satu orang dari Kelurahan Temas sehingga di sana seluruhnya ada tiga orang yang sembuh.

Seluruhnya di Kecamatan Batu, yang sembuh ada 53 orang. Artinya, tersisa 8 pasien konfirm dari kecamatan ini. 

Selanjutnya di Kecamatan Bumiaji, total ada 42 pasien yang sembuh dan menyisakan 2 orang pasein konfirm. Sedangkan di Kecamatan Junrejo, seluruhnya ada  52 orang yang sembuh dan menyisakan 2 orang pasien konfirm.

Sedangkan pasien meninggal tercatat 11 orang. Sedangkan orang tanpa gejala (OTG) mencapai 427 orang. Rinciannya, 13 masih dalam pemantauan dan 414 orang selesai pemantauan. 

Baca Juga : Rekapiputasi Kasus Covid19 di Kabupaten Malang Tidak Sinkron, Humas Satgas : Kami Telusuri

Orang dalam risiko (ODR) ada 9.666 orang. Rinciannya, 1.197 orang dalam pemantauan dan 8.469 orang selesai dipantau. Hanya, orang dalam pemantauan (ODP) ada peningkatan dari sebelumnya, yakni sejumlah 470. Dari jumlah itu, 111 di antaranya dalam pemantauan dan 359 orang selesai pemantauan.

Dan pasien dalam pengawasan seluruhnya ada peningkatan menjadi 171 orang. Rinciannya, dalam pengawasan ada 42 orang, 110 selesai dalam pengawasan, dan ada tambahan meninggal dunia satu orang menjadi 19 orang. 

Dengan demikian, saat ini ada 16 desa/kelurahan yang sudah tidak ada warga berstatus pasien konfirm positif covid-19.. Yakni  Kelurahan Songgokerto, Kelurahan Ngaglik, Desa Sumberejo, Desa Oro-Oro Ombo (Kecamatan Batu), Desa Bulukerto, Pandanrejo, Punten, Sumbergondo, Tulungrejo, Gunungsari, Bulukerto dan Sumber Brantas (Kecamatan Bumiaji), serta Kelurahan Dadaprejo, Desa Torongrejo, Tlekung, Beji, dan Junrejo (Kecamatan Junrejo). Sehingga masih tersisa 9 desa/kelurahan  yang di dalamnya terdapat pasien konfirm positif.