Peta sebaran Covid-19 data dari Dinas Kesehatan Kota Batu. (Foto: Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu)
Peta sebaran Covid-19 data dari Dinas Kesehatan Kota Batu. (Foto: Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu)

MALANGTIMES - Dalam sehari, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kota Batu yang meninggal dunia ada tiga orang. Dengan demikian total PDP yang meninggal dunia di kota wisata ini ada 18 orang hingga Minggu (3/8/2020) kemarin.

3 PDP yang meninggal dunia itu yakni dua orang dari Kecamatan Batu merupakan warga Desa Pesanggarahan dan Kelurahan Sisir. Kemudian satu orang dari Kelurahan Dadaprejo Kecamatan Junrejo. 

Baca Juga : Psikolog Sangat Dibutuhkan Pasien Covid-19, Kota Batu Bakal Tambah Psikolog

“Dalam sehari ada tambahan 3 orang PDP meninggal dunia,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, M. Chori.

Jumlah PDP seluruhnya yang terdata oleh Dinkes Kota Batu ada 168 orang. Rinciannya dalam pengawasan ada 39 orang, 111 selesai pengawasan, dan 18 orang meninggal dunia.

“Untuk pasien yang konfirm dan sembuh tidak ada penambahan selama dua hari terakhir,” ucapnya. Sedang saat ini jumlah akumulatif Kota Batu 170 orang, dengan rincian terdapat 17 orang yang menjalani perawatan atau pasien konfirm Covid-19. 

Di antaranya, 6 orang menjalani perawatan di rumah sakit, 6 orang melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing, 5 orang isolasi mandiri dengan menempati shelter di Hotel Mutiara Baru. Sedangkan angka sembuh sudah mencapai 142 orang dan 11 orang meninggal dunia.

Sedangkan Orang Tanpa Gejala (OTG) mencapai 427 orang. 13 diantaranya dalam pemantauan, dan 414 orang selesai pemantauan. Lainnya, orang dalam risiko (ODR) ada 9666 orang, dengan 1197 orang dalam pemantauan, dengan 8469 orang selesai dipantau.

Hanya saja Orang Dalam Pemantauan (ODP) ada peningkatan dari sebelumnya, yakni sejumlah 468. 109 di antaranya dalam pemantauan, dan 359 orang selesai pemantauan. 

Baca Juga : Target Tercapai, Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di Kabupaten Malang Capai 64 Persen

Dengan demikian saat ini ada sejumlah 14 desa/kelurahan sudah tidak ada warganya yang pasien konfirm positif Covid-19. Yakni di Kecamatan Batu hanya di Kelurahan Songgokerto dan Desa Sumberejo. 

Di Kecamatan Bumiaji ada 7 desa/kelurahan yakni Desa Bulukerto, Pandanrejo, Punten, Sumbergondo, Tulungrejo, Gunungsari, Bulukerto dan Sumber Brantas.

Lalu di Kecamatan Junrejo ada di Kelurahan Dadaprejo, Desa Torongrejo, Tlekung, Beji, dan Junrejo. Sehingga masih menyisakan 10 desa/kelurahan dari 24 yang di dalamnya terdapat pasien konfirm positif.