Rektor Unikama usai melakukan penandatanganan MoU dengan STKIP  PGRI Sidoarjo (Ist)
Rektor Unikama usai melakukan penandatanganan MoU dengan STKIP PGRI Sidoarjo (Ist)

MALANGTIMES - Menyambut pelaksanaan program Kampus Merdeka, Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) gencar menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi lainnya. Kali ini, Unikama telah menjalin kerja sama dengan STKIP PGRI Sidoarjo, yang sama-sama berasal dari keluarga PGRI.

Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan secara daring, Rabu (29/7/2020), sekaligus mendiskusikan untuk menindaklanjuti Memorandum of Agreement (MoA).

Baca Juga : Sekolah Tak Punya Sistem Pembelajaran Daring? Dosen Teknik UB Sediakan Gratis!

Rektor Unikama Pieter Sahertian menjelaskan, jika dalam pengimplementasian kampus merdeka, sebuah perguruan tinggi memang harus gencar dalam menjalin kerja sama dengan perguruan lain.

"Unikama sudah bekerja sama dengan banyak sekali Perguruan Tinggi di Kota Malang dan juga Surabaya baik swasta maupun negeri. Pada kesempatan kali ini saya sangat senang bisa bekerja sama dengan STKIP PGRI Sidoarjo yang sama-sama dibawah naungan PGRI," jelasnya.

Dengan kerja sama ini, kedua belah pihak baik Unikama maupun STKIP PGRI Sidoarjo bisa saling bertukar mahasiswa dan saling bertukar wawasan. Termasuk juga bisa bekerja sama dan berkolaborasi dalam bidang research.  

"Tidak hanya tentang pertukaran pelajar di Program Pascasarjana, tetapi juga kerja sama antar dosen baik dari Unikama maupun STKIP PGRI Sidoarjo dengan saling berkolaborasi di bidang research. Banyak sekali yang bisa dilakukan dengan adanya kerja sama ini, kami berharap Unikama dan STKIP PGRI Sidoarjo dapat tumbuh dan berkembang bersama, saling mengasuh dan mengasah apa saja yang ada dalam perguruan tinggi masing-masing,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua STKIP PGRI Sidoarjo Tri Achmad Budi Susilo menambahkan hal yang senada dengan Rektor Unikama. Pihaknya menegaskan jika kolaborasi seperti ini, perlu adanya untuk  kemajuan sebuah lembaga pendidikan. Terlebih lagi kerja sama dilakukan dengan mereka yang sama-sama berada di bawah naungan PGRI.

“Jika melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi yang sama-sama di bawah naungan PGRI, kita bisa survive bersama untuk memajukan dan memperkuat perguruan tinggi," tuturnya.

Baca Juga : Respons NU dan Muhammadiyah Soal Permintaan Maaf Nadiem Makarim

Di samping itu, pihaknya juga merasa bangga bisa bekerja sama dengan Unikama yang memang mempunyai branding kuat di wilayah Jatim. Karenanya, saat ini pihaknya sangat ingin menjalin kerja sama dengan Program Pascasarjana Unikama Program Studi (Prodi) Manajemen dan Ilmu Pengetahuan Sosial.