Peta sebaran Covid-19 data dari Dinas Kesehatan Kota Batu. (Foto: Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu)
Peta sebaran Covid-19 data dari Dinas Kesehatan Kota Batu. (Foto: Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu)

MALANGTIMES - Selama dua hari tercatat ada penambahan pasien yang sembuh dan konfirm positif Covid-19 di Kota Batu, hingga Rabu (29/7/2020). Tercatat ada tambahan 4 pasien konfirm positif dan 8 pasien yang sembuh.

“Dalam dua hari ada 4 pasien konfirm positif dan 6 pasien yang sembuh,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, M. Chori.

Baca Juga : Jelang Akhir Juli, Persentase Kesembuhan Covid-19 di Kabupaten Malang Nyaris 55 Persen

5 pasien konfirm tambahan ini berasal dari 5 warga di Kecamatan Junrejo. Rinciannya datu orang dari Desa Beji, dan 4 warga dari Kelurahan Dadaprejo dan satu orang berasal dari warga Kelurahan Temas.

Sehingga seluruhnya dari Kecamatan Batu pasien yang sembuh sudah tembus 48 orang. Di Kecamatan Bumiaji totalnya ada 41 orang, dan di Kecamatan Junrejo seluruhnya 52 orang.

Sedangkan untuk tambahan 4 pasien yang konfirm positif berada dari Kecamatan Batu, satu orang ada di Kelurahan Temas, Kelurahan Ngaglik dan dua orang warga Kecamatan Junrejo, yakni dari Desa Beji serta Kelurahan Dadaprejo.

Totalnya dari 3 kecamatan ini, paling terbanyak pasien positif konfirm dari Kecamatan Batu ada 11 warganya. Dan menyisakan satu warga dari Kecamatan Bumiaji dan Junrejo.

Sedangkan jumlah akumulatif hingga Rabu (29/7/2020) ada 165 pasien konfirm. Rinciannya, masih menyisakan 13 pasien konfirm positif, 3 di antaranya dirawat di rumah sakit, 6 orang isolasi mandiri di rumah, dan 4 orang isolasi di shelter Hotel Mutiara Baru.

Lalu untuk yang sembuh mencapai 141 warga, dan angka meninggal 9 orang. Sehingga saat ini ada desa/kelurahan yang bebas dari warganya yang pasien konfirm, sejumlah 16 desa/kelurahan sudah tidak ada warganya yang pasien konfirm positif Covid-19.

Yakni di Kecamatan Batu hanya di Kelurahan Songgokerto, dan Desa Sumberejo. Di Kecamatan Bumiaji ada 8 desa/kelurahan yakni Desa Bulukerto, Bumiaji, Pandanrejo, Punten, Sumbergondo, Tulungrejo, Gunungsari dan Sumber Brantas.

Baca Juga : Tambah 3 Pasien dari Malang Utara, Pemkab Malang Berharap Angka Kesembuhan Bisa 60 Persen

Lalu di Kecamatan Junrejo ada di Desa Beji, Torongrejo, Tlekung, Pendem, Junrejo, dan Kelurahan Dadarejo. Sehingga masih menyisakan 8 desa/kelurahan dari 24 yang di dalamnya terdapat pasien konfirm positif.

Selain itu untuk Orang Tanpa Gejala (OTG) mencapai 427 orang. 13 di antaranya dalam pemantauan, dan 414 orang selesai pemantauan. Lainnya, orang dalam risiko (ODR) ada 9227 orang, dengan 1158 orang dalam pemantauan, dengan 8469 orang selesai dipantau. 

Lalu Orang Dalam Pemantauan (ODP) sejumlah 464 orang. 105 di antaranya dalam pemantauan, dan 359 orang selesai pemantauan. Dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada 160 orang, dalam pengawasan 47 orang, 98 orang selesai pengawasan, dan 15 orang meninggal dunia.