Bupati Malang HM Sanusi saat membahas upaya peningkatan prosentase kesembuhan terhadap pasien positif covid-19 (Foto : Dokumen MakangTIMES)
Bupati Malang HM Sanusi saat membahas upaya peningkatan prosentase kesembuhan terhadap pasien positif covid-19 (Foto : Dokumen MakangTIMES)

MALANGTIMES - Harapan Bupati Malang HM Sanusi untuk mendongkrak persentase angka kesembuhan pasien Covid-19 perlahan mulai terealisasi. 

Dari yang sebelumnya angka pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh hanya sekitar 52 persen, hingga kemarin (Selasa, 28/7/2020) angkanya meningkat hingga mendekati 55 persen.

Baca Juga : Tambah 3 Pasien dari Malang Utara, Pemkab Malang Berharap Angka Kesembuhan Bisa 60 Persen

”Saya berharap pada minggu ini angka kesembuhan dari Covid-19 di Kabupaten Malang sudah mencapai angka 60-an persen,” ucap Sanusi.

Berdasarkan data terbaru yang dihimpun Dinkes (Dinas Kesehatan) Kabupaten Malang, hingga kemarin (Selasa 28/7/2020) tercatat ada 475 kasus positif Covid-19.

Dari jumlah tersebut, 259 pasien di antaranya sudah dinyatakan sembuh. Jumlah itu mengalami peningkatan 11 pasien jika dibandingkan dengan data sehari sebelumnya, yakni ada 248 orang yang dinyatakan sembuh pada Senin (27/7/2020).

Artinya, jika pada hari Senin (27/7/2020) jumlah pasien yang dinyatakan sembuh Covid-19 hanya sekitar 52 persen. Dengan bertambahnya 11 pasien yang dinyatakan sembuh itu, membuat persentase peluang pasien sembuh di Kabupaten Malang meningkat menjadi 54,53 persen.

Menanggapi hal itu, Sanusi mengaku jika meningkatnya jumlah pasien yang dinyatakan sembuh tersebut, didominasi dari kluster Malang Utara. ”Semua (kecamatan, red) banyak yang sembuh, sekarang sudah merata, termasuk pasien yang berasal dari (Kecamatan) Singosari juga sudah banyak yang sembuh,” ungkapnya.

Terbukti, bertambahnya 11 pasien yang dinyatakan sembuh hingga Selasa (28/7/2020) memang didominasi dari Kecamatan Singosari. Yakni dengan penambahan 5 pasien yang dinyatakan sembuh.

Sedangkan 6 pasien sembuh lainnya, berasal dari Kecamatan Wajak, Pakisaji, Pakis, Lawang dan Gondanglegi. Rinciannya, Kecamatan Pakis bertambah 2 pasien yang dinyatakan sembuh, sedangkan 4 pasien sisanya berasal dari Kecamatan Wajak, Pakisaji, Lawang, dan Gondanglegi yang masing-masing bertambah 1 pasien.

Baca Juga : Pasien Sembuh Covid-19 di Kota Malang Kembali Meningkat, Jadi 256 Orang

Ketika disingung perihal upaya untuk merealisasi target angka kesembuhan mencapai 60 persen, Bupati Malang mengaku bakal mengoptimalkan tracing dan pelayanan di fasilitas kesehatan.

”(Kami akan melakukan, red) tracing dan treatment (pengobatan) terhadap orang yang kena Covid-19. Nantinya akan diberi tambahan vitamin, utamanya vitamin C,” jelas Sanusi.

Menurut Bupati Malang, langkah treatment dan penambahan pasokan vitamin c untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh itu, bakal dilakukan di seluruh rumah sakit rujukan dan gedung observasi.

”(Treatment) dilakukan mulai dari safe house di Rusunawa, maupun yang di Rumah Sakit dan RSJ (Rumah Sakit Jiwa) di Lawang,” pungkasnya. (*)