Sajadah Jadul Mendadak Viral, Warganet Baru Sadar Ada Bangunan Hagia Sophia!

Jul 20, 2020 16:04
Sajadah jadul (Foto: Trendsmap)
Sajadah jadul (Foto: Trendsmap)

MALANGTIMES - Masih ingatkan Anda dengan desain sajadah bergambar Masjisil Haram dan Hagia Sophia? Sajadah jadul itu kini mendadak menjadi viral di media sosial.  

Hal ini berawal dari postingan CEO & Founder od AMI Group and AMI Foundation, Azzam Mujahid Izzulhaq di akun Twitter @AzzamIzzulhaq. Foto sajadah jadul itu diunggah Azzam pada Senin (20/7/2020).  

Baca Juga : Memimpikan Seseorang Tak Dikenal, Pakar Psikologi Islam Sebut Itu Petunjuk dari Allah

Azzam  mengunggah beberapa foto sajadah yang dibordir dengan gambar dua bangunan di bagian atas.  Di sebelah kiri terlihat bangunan Masjidil Haram. Sementara sebelah kanan tampak Kakbah yang dikelilingi bangunan dan menara.  

Gambar tersebut ternyata merupakan bangunan dengan empat menara dan tiga kubah.  Bangunan itu tentunya sangat identik dengan Hagia Sophia atau Aya Sofya yang baru-baru ini jadi perhatian karena diubah fungsinya dari museum menjadi masjid.  

Dikatakan Azzam melalui cuitannya, sajadah itu populer sekitar tahun 90-an.  

"1. Masihkah kita ingat dengan sajadah dengan desain seperti ini? Sajadah ini populer pada zaman dulu sekitar tahun 1940-1990an (entah sekarang apakah masih ada atau tidak)

Sadarkah kita bahwa gambar masjid di sebelah Masjidil Haram itu adalah Aya Sofya (Hagia Sophia)?" tulis Azzam.

Dia lantas menjelaskan jika desain tersebut sengaja dibuat untuk membuat umat Islam selalu ingat bahwa Hagia Sophia merupakan sebuah masjid.  

"2. Upaya agar Aya Sofya diingat oleh umat Islam sebagai Masjid dilakukan dengan berbagai macam cara sejak lama. Termasuk dengan 'mind engineering' melalui desain pesan secara tersembunyi.

Itulah keapa, pada saatnya Aya Sofya menjadi Masjid kembali, kita merasa 'tak asing lagi'," lanjutnya.  

Namun, siapa sangka beberapa warganet justru baru menyadari bahwa bangunan di sebelah Masjidil Haram yang didesain di sajadah tersebut ialah bangunan Hagia Sophia.  

Baca Juga : Viral Aksi Polisi Berbicara Pakai Bahasa Thailand, Warganet Auto Ngakak

"Dulu saya sangka malah itu Masjidil Aqsa, karena belum pernah tahu Masjidil Aqsa kaya gimana. Tapi giliran udah tahu wujudnya Masjidil Aqsa malah penampakan sajadahnya entah ada dimana, jadi sampai sekarang tetap tahunya itu Masjidil Aqsa," komentar dari @gabusrangers.

"Setelah sekian lama, akhirnya hari ini saya baru menyadarinya… Terima kasih, Ustadz," kata @Kenzo_Hamtaro.

"Bener juga...sudah lama mikir itu yang sebelah Masjidil Haram masjid apa, tidak mungkin masjid biasa sampai disandingkan dengan Masjidil Haram, terkira Masjid Nabawi..tapi sepertinya beda....ternyata baru sekarang terkuak kebenarannya," kata @YenYudie.

"Alhamdulillah pernah pakai sajadah seperti itu. Mungkin karena dulu yang buat banyak diproduksi dari Turki ya, sehingga sajadah dengan gambar masjid Aya Sofia. Kita benar-benar tidak sadar kalau itu masjid Aya sofia," ujar @DedenNurdin18.

"Baru tahu pak diusia 32 sekarang ini pak," papar akun @luviku.

Dilansir melalui Reuters, Hagia Sophia merupakan sebuah masjid di Turki yang baru saja ditetapkan Presiden Turki Tayyip Erdogan pada Jumat (10/7/2020).  Ibadah pertama di bangunan tersebut rencananya akan digelar pada Jumat (24/6/2020).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Berita Hari IniSajadah JadulMasjidil HaramHagia Sophia

Berita Lainnya

Berita

Terbaru