Salah satu pedagang saat berjualan di jalan Pattimura beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Salah satu pedagang saat berjualan di jalan Pattimura beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Perayaan Idul Adha bakal berlangsung pada akhir bulan Juli ini. Dengan semakin dekatnya momen itu, tentunya hewan kurban yang akan dijual wajib dipastikan kesehatannya oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Batu. 

Hal ini pula yang membuat Pemkot Batu akan menggelar pemeriksaan kesehatan hewan kurban. Sekaligus juga akan dilakukan rapid test kepada para penjagal dan pedagang hewan kurban dari luar daerah yang akan berniaga di Kota Batu.

Baca Juga : Dievaluasi, Wali Kota Malang instruksikan Treatment Herbal untuk Pasien Covid-19 Dimasifkan

Rencana rapid test itu akan difasilitasi oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batu. Hal ini dilakukan melihat banyak para pedagang hewan kurban yang biasanya berada di pinggir jalan itu dari luar Kota Batu. 

“Para pedagang yang menjual hewan kurbannya ini memang banyak juga dari luar Kota Batu, khususnya yang jual dadakan. Sehingga perlu dirapid test,” ungkap Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko.

“Rapid test ini dilakukan demi kebaikan bersama untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran Covid-19 di Kota Batu. Karena memang pedagang dari luar daerah juga rentan terhadap penularan,” imbuhnya.

Tidak hanya itu saja, Dewanti juga meminta agar protokol kesehatan tetap dilakukan selama melakukan jual beli hewan kurban. Mulai dari menggunakan masker, menyediakan tempat cuci tangan, juga menerapkan physical distancing.

Dewanti juga menegaskan harapannya, agar tukang jagal juga dirapid test. "Termasuk juga tukang jagal, perlu dirapid test juga sebelum melakukan tugasnya nanti,” ujar politisi PDI Perjuangan ini yang juga menegaskan jajaran terkait sudah melakukan koordinasi terkait hal itu.

Baca Juga : Update Covid-19 Jawa Timur: 387 Sembuh dan 255 Kasus Baru, Khofifah Minta Warga Tak Lengah

“Kami telah berkoordinasi supaya mempersiapkan hal ini di tengah pandemi Covid-19,” tutupnya.