Dievaluasi, Wali Kota Malang instruksikan Treatment Herbal untuk Pasien Covid-19 Dimasifkan

Jul 18, 2020 20:03
Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

MALANGTIMES - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kembali bertandang ke Kota Malang, Sabtu (18/7/2020). Evaluasi penanganan covid-19 di Malang Raya pun kembali dilakukan.

Dalam evaluasi itu, Mantan Menteri Sosial tersebut menyampaikan jika angka kesembuhan covid-19 di Jawa Timur selama 10 hari terakhir tertinggi dibanding provinsi lain. Sehingga dia menekankan agar setiap daerah di Jatim melakukan upaya untuk bisa meningkatkan angka kesembuhan, serta menekan laju pertumbuhan kasus baru.

Baca Juga : Update Covid-19 Jawa Timur: 387 Sembuh dan 255 Kasus Baru, Khofifah Minta Warga Tak Lengah

 

"Karena interaksi sudah kembali meningkat, maka bukan tidak mungkin akan ada suspect baru. Maka harus ada pengendalian agar ekonomi dan kesehatan bisa seimbang," katanya.

Menanggapi itu, Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, tingkat kesembuhan di Kota Malang terbilang mengalami peningkatan. Meski memang harus terus diupayakan agar lebih baik lagi.

Sehingga, berbagai upaya pun akan terus dilakukan untuk menambah angka kesembuhan covid-19 di Kota Pendidikan. Salah satunya adalah pemanfaatan obat-obatan herbal yang sampai saat ini terus digalakkan.

"Kita harus contoh daerah yang sudah menggunakan herbal dan angka kesembuhannya sudah terbukti sampai 90 persen. Terlebih vaksin juga belum ditemukan," katanya.

Upaya memanfaatkan obat herbal itu menurutnya akan terus dilakukan di Kota Malang. Bahkan ia menginteruksikan langsung kepada tim medis di Kota Malang untuk bisa menggunakan produk herbal sebagai treatment dalam menangani pasien covid-19.

Hal itu menurutnya sangat diperbolehkan. Bahkan pemerintah pusat melalui aturan yang ada juga telah memberi keleluasaan kepada setiap daerah untuk bisa memanfaatkan treatment yang memang dinilai mampu mencegah penyebaran covid-19.

"Kan sudah disampaikan, apapun bentuk suplemennya, asalkan bisa menyembuhkan," terang pria berkacamata itu.

Baca Juga : Update Covid-19 Kota Batu: 83 Orang Sembuh, 50 Pasien Jalani Perawatan

 

Selain treatment herbal, menurutnya berbagai upaya lain juga dilakukan. Terutama untuk meningkatkan imun para pasien covid-19. Dengan harapan, pasien covid-19 dapat terus optimis untuk bisa sembuh.

Upaya meningkatkan imun dilakukan dengan berbagai upaya. Seluruhnya dilakukan oleh tim medis yang berada di rumah sakit maupun safe house di Jl. Kawi. Diharapkan treatment itu mampu meningkatkan angka kesembuhan pasien covid-19 di Kota Malang.

Selain treatment, proses tracking menurutnya juga terus dimaksimalkan. Setiap ada penambahan pasien baru, maka Tim Gugus Tugas Covid-19 di Kota Pendidikan ini akan melakukan pelacakan. Selanjutnya melakukan pengecekan medis, seperti rapid test hingga swab.

"Kami harapkan PCR (tes swab) bisa dipercepat, agar dua tiga hari pasien bisa sembuh dan tertangani. Kami juga berharap bantuan PCR segera datang," pungkasnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru