Potongan gambar CCTV di kawasan Malioboro Yogyakarta (Ist)
Potongan gambar CCTV di kawasan Malioboro Yogyakarta (Ist)

MALANGTIMES - Ya, bagi masyarakat yang seringkali bepergian ke luar kota, terkadang takut bila nantinya di jalan akan terjebak macet ataupun terdapat kendala lainnya. Utamanya pada kota-kota besar seperti Bandung, maupun Jakarta.

Sudah tak dipungkiri lagi jika kemacaten sudah seringkali terjadi di ruas jalan kota-kota besar. Karena, bagi yang ingin bepergian ke luar kota dan sebelumnya ingin mengetahui situasi lalu lintas di lokasi yang akan dituju, nampaknya aplikasi ini akan sangat berguna.

Baca Juga : Ahli Sebut Sebagian Besar Thermo Gun Tak Akurat

Aplikasi bernama CCTV ATCS ini bisa melihat dan memantau ratusan kamera-kamera CCTV yang telah terpasang dan ada di kota-kota besar di Indonesia melalui layar smartphone Android.

Di dalam aplikasi tersebut, terdapat tujuh provinsi yang ratusan kamera CCTV-nya terkoneksi dengan dengan aplikasi. Diantaranya Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi, DKI Jakarta, Bali, Kalimatan dan Sumatra.

Dengan memilih salah satu kota yang terdaftar dalam aplikasi, masyarakat akan bisa melihat tangkapan gambar situasi dari kamera CCTV di lokasi yang dipilih secara real time.

Tinggal masuk ke dalam aplikasi dan kemudian dalam aplikasi akan menampilkan menu provinsi-provinsi yang kamera CCTV-nya terkoneksi dengan aplikasi.

Di situ tersedia nama kota-kota yang jika dipilih salah satu, masyarakat bisa melihat situasinya lewat kamera CCTV.

"Aplikasinya enak, bisa melihat CCTV dari berbagai kota. Kadang saya sebelum berpergian selalu melihat aplikasi ini. Cuman sayangnya pada aplikasi ini Kota Malang tidak ada, mungkin akan lebih bagus lagi jika dimasukan juga," ungkap Hendrik, traveller asal Sawojajar, (11/7/2020).

Baca Juga : YouTube Siapkan Fitur Baru Mirip TikTok, Ini Tujuannya!

Selain dengan fitur tersedianya CCTV real time di berbagai kota, pada aplikasi tersebut juga tersedia menu tambahan lainnya seperti menu berita dan juga menu radio yang bisa didengarkan secara live streaming. 

Dan bagi masyarakat yang ingin memperoleh aplikasi tersebut tinggal mendownload saja di aplikasi play store.

Sementara itu, bagi masyarakat, khususnya masyarakat Kota Malang yang ingin memantau kondisi Kota Malang melalui CCTV, bisa melalui alternatif lainnya.

Masyarakat bisa mengakses situs cctv.malangkota.go.id. didalamnya terdapat 200 lebih kamera CCTV yang real time memonitor situasi di 200 lebih titik jalan di Kota Malang.