Peta sebaran  covid-19 di Kota Batu. (Foto: Dinas Komunikasi dan Informatika)
Peta sebaran covid-19 di Kota Batu. (Foto: Dinas Komunikasi dan Informatika)

MALANGTIMES - Jumlah pasien positif covid-19 di Kota Batu nenunjukkan kenaikan cukup pesat.  Jumat (10/7/2020), jumlah akumulatif pasien positif covid sudah mencapai 108 orang.

Dengan demikian, sehari kemarin ada penambahan pasien  positif  covid sebanyak 9 orang. Sebab, Kamis (9/7/2020), jumlah pasien positif masih 99 orang. “Hari Jumat ada tambahan 9 pasien konfirm,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu M. Chori.

Baca Juga : 9 Sembuh, 6 Pasien Tambah Kasus Positif Covid-19 di Kota Malang 

 

Rinciannya, C-100 merupakan laki-laki berusia 63 tahun,  warga Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo. C-100 ini pasien positif pertama di Kelurahan Dadaprejo. “Sebelumnya laki-laki ini statusnya sudah pasien dalam pengawasan (PDP),” imbuh Chori. 

Lalu C-101 adalah  perempuan umur 55 tahun, warga Desa Beji, Kecamatan Junrejo. Sebelumnya perempuan ini statusnya juga PDP. Dengan bertambahnya satu warga dari Desa Beji ini,  totalnya ada 6 orang positif dari desa tersebut. 

Kemudian C-102 berjenis kelamin laki-laki, berusia 15 tahun, asal Kelurahan Ngaglik. Status sebelumnya adalah orang tanpa gejala (OTG). Dengan bertambahnya satu pasien ini, jumlah positif dari Kelurahan Ngaglik  ada 10 orang.

Selanjutnya C-103 adalah perempuan umur 23 tahun, asal Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji. Sebelumnya perempuan ini masuk dalam OTG. Jadi, seluruh pasien positif di Desa Giripurno ada 14 orang.

 C-104 merupakan laki-laku usia 45 tahun, asal Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo. Juga OTG dari klaster desa tersebut. 

Selanjutnya perempuan usia 55 tahun, warga Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, menjadi pasien C-105. Status sebelumnya adalah PDP. Dan di Desa Gunungsari, C-105 ini juga menjadi kasus pertama. 

C-106 adalah perempuan usia 66 tahun dari Desa Mojorejo. Sebelumnya dia OTG klaster Mojorejo.

Baca Juga : Habiskan 1.000 Liter Disinfektan, Tagana Kota Batu Semprot Fasilitas Umum 

 

Selain itu, ada  C-107 yang merupakan laki-laki usia 47 tahun dari Desa Mojorejo. Dia juga OTG klaster Desa Mojorejo. Sehingga jumlah pasien positif dari Desa Mojorejo  mencapai 15 orang. 

Untuk C-108,  dia perempuan usia 70 tahun asal Kelurahan Sisir. Status sebelumnya adalah PDP. Dengan demikian, pasien positif di Sisir mencapai 8 orang.

Jumlah seluruh kasus positif di Kota Batu hingga Jumat mencapai 108 orang. Rinciannya, 16 orang menjalani perawatan di rumah sakit, 32 orang melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing, 23 orang menjalani isolasi di shelter Hotel Mutiara Batu, 30 orang dinyatakan sembuh, dan 7 orang meninggal dunia. 

Dengan adanya pasien baru dan pertama di dua desa, yakni Gunungsari dan Dadaprejo, total ada 18 desa atau kelurahan di Kota Batu yang memiliki warga berstatus positif covid. Artinya, tersisa  6 desa/kelurahan yang warganya  belum terkena covid-19.