Ilustrasi jerawat. (Foto: sehatq.com)
Ilustrasi jerawat. (Foto: sehatq.com)

MALANGTIMES - Salah satu "musuh besar" kaum perempuan adalah jerawat. Sebagian perempuan melihat jerawat bukan sekadar masalah kulit biasa yang dapat mengurangi kecantikan. Lebih dari itu, jerawat kadang dapat menghilangkan rasa kepercayaan diri perempuan. Terlebih apabila jerawat yang muncul bukan jerawat biasa, melainkan jerawat batu. Jerawat batu terlihat jelas di wajah karena ukurannya yang besar. Selain itu, rasanya juga sakit.

Jenis jerawat ini butuh penanganan serius karena biasanya tidak akan mempan dengan obat jerawat sulfur, retin-A, dan benzoil peroksida sekalipun.

Baca Juga : Rencana Tes Swab Mandiri, Kota Batu Bakal Modifikasi Alat TCM

Nah, apabila kamu lebih suka dengan cara alami dengan minimal risiko, berikut ini hal yang dapat kamu lakukan untuk menangani jerawat batu dikutip dari buku Cantik, Sehat, & Bugar dengan Herbal karya Joko Suryo.

1. Mengompres jerawat dengan air teh hangat. Suhu hangat dapat membantu membuka pori-pori kulit sehingga dapat membantu kulit bernapas lebih lega. Adapun teh berfungsi untuk melarutkan lemak sehingga dapat menghapus lapisan lemak di permukaan kulit yang merupakan tempat berkembangbiaknya bakteri penyebab jerawat.

2. Oleskan krim anti-iritasi untuk mengurangi peradangan pada jerawat.

3. Lakukan proses 1 dan 2 ini sebanyak 3-4 kali sehari. Jangan memberikan obat jerawat apa pun sebelum mata jerawat muncul di permukaan karena selain tidak ada gunanya, hal tersebut akan memperparah peradangan pada kulit.

4. Jika mata jerawat sudah muncul di permukaan (tanpa dipaksa), bersihkan wajah terutama area jerawat. Buatlah jalan untuk lemak tersebut keluar dari kulit, dengan cara menusuk mata jerawat dengan jarum yang sudah steril. Kemudian, bantu lemak tersebut keluar dengan cara memencet area sekitar tempat yang ditusuk tadi. Jangan memencet terlalu berlebihan dan memaksa seluruh lemak keluar karena akan memberikan stres pada kulit dan dapat meninggalkan bekas pada permukaan kulit.

Jika kamu tidak yakin dapat melakukan sendiri, lakukan facial di salon atau dokter kulit saat mata jerawat sudah keluar. Mereka akan melakukannya dengan lebih profesional dan higienis sehingga menghindarkan terjadinya peradangan yang berlebihan.

Proses ini akan berlangsung beberapa kali sampai semua lemak muncul di permukaan dengan sendirinya.

Baca Juga : Evakuasi 9 Pasien Covid-19 ke Shelter Kota Batu, Gugus Tugas: Agar Lebih Aman

5. Setelah proses pengeluaran jerawat, bersihkan area yang berjerawat dan olesi dengan antiseptik agar tidak teriadi infeksi.

6. Ulangi proses poin 1-3 berkali-kali sampai jerawat sembuh.

Untuk kamu yang sedang apes mendapatkan jerawat batu ini, sebaiknya hindari makan makanan berminyak. Hindari juga stres yang berlebihan. Terus jaga kebersihan kulit, cuci muka dengan air hangat.

Satu hal yang kerap dilanggar adalah memencet jerawat. Sebaiknya, hindari memencet mencet jerawat atau mengeluarkan mata jerawat secara paksa. Mengeluarkan jerawat de ngan paksa akan menambah parah peradangan.

Selain itu, gunakan kosmetik yang berbahan dasar air sehingga tidak menyumbat pori pori kulit. Jangan lupa gunakan sun block saat keluar rumah pada siang hari karena panas matahari akan menambah parah peradangan.