Data Dinas Kesehatan Kota Batu. (Foto: Pemkot Batu)
Data Dinas Kesehatan Kota Batu. (Foto: Pemkot Batu)

MALANGTIMES - Kota Batu pada Jumat (3/7/2020) lalu mendapat tambahan 13 pasien konfirm positif Covid-19. Sebanyak 9 orang di antaranya telah dievakuasi ke shelter Hotel Mutiara

Pemindahan itu dilakukan atas dasar pertimbangan keamanan dan kesehatan para warga terkonfirmasi positif Covid-19. Semula, mereka melakukan isolasi mandiri dan baru dievakuasi pada Sabtu (4/7/2020) kemarin.

Baca Juga : Berani Tak Gunakan Masker di Kota Batu? Siap-Siap Nyapu

"Mereka dipindahkan agar lebih aman, saat menjalani isolasi," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu M. Chori.

Dengan demikian dari 13 kasus baru itu, sejumlah 9 orang yang dipindah di shelter. Lalu 3 orang dirawat di rumah sakit dan satu orang isolasi mandiri di rumah.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Batu hingga Jumat lalu, data keseluruhan pasien Covid-19 di wilayah tersebut mencapai 79 orang. Rinciannya, sebanyak 14 pasien dirawat, 24 orang isolasi mandiri di rumah, dan 11 orang isolasi di shelter.

Sedangkan untuk pasien yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 24 orang dan ada 6 pasien meninggal dunia.

Menurut Chori, saat ini total pasien terkonfirmasi positif yang diisolasi di shelter sebanyak 11 orang, atau ada tambahan 9 orang dari sebelumnya.

Tim melakukan pemindahan bagi pasien yang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing, jika dinilai kondisi rumah tersebut tidak memenuhi standar protokol kesehatan Covid-19.

Baca Juga : Update Covid-19 Kota Batu: Sehari 13 Orang Dikonfirm Positif

Sementara dari data 13 orang tambahan itu, rinciannya 7 orang warga Desa Mojorejo, 3 orang dari Desa Beji Kecamatan Junrejo, satu orang ada di Desa Tlekung Kecamatan Junrejo, Desa Sumberejo, Kecamatan Batu, dan Desa Bumiaji Kecamatan Bumiaji.

Untuk seluruhnya sebaran pasien konfirm positif Covid-19 yang tersebar di tiga kecamatan itu yakni, Kecamatan Batu ada 14 orang, di Kecamatan Bumiaji terdapat 22 orang, dan di Kecamatan Junrejo sejumlah 13 orang.

Dengan demikian sebaran pasien konfirm positif Covid-19 terbanyak masih ada di Kecamatan Bumiaji yakni di Desa Giripurno sejumlah 16 orang. 16 orang itu melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.