Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

MALANGTIMES - Sosok jomblo satu ini memang sangat inspiratif, yakni kisah Nabi Yusuf AS yang banyak diperdengarkan sejak masih anak-anak. Dia merupakan salah satu utusan Allah SWT yang terkenal akan ketampanannya.

Bahkan, dalam Al-Qur'an juga sudah dijelaskan jika ketampanannya telah membuat ibu angkat Nabi Yusuf AS berbuat keji dengan selalu mengajak melakukan perbuatan zina.

Baca Juga : Tak Lagi Turun ke Medan Perang Saat Masa Perjuangan Islam, ini Alasan Usamah bin Zaid

Ustadz Khalid Basalamah dalam sebuah kajian menyampaikan, semua ajakan berzina ibu angkatnya itu dengan tegas ditolak oleh Nabi Yusuf AS.

Salah satu kejadiannya adalah ketika Nabi Yusuf AS diajak ke kamar sang ratu. Di sana, Nabi Yusuf dipaksa melakukan hubungan zina. Sampai pada akhirnya Nabi Yusuf AS berlari dan meninggalkan ibu angkatnya tersebut.

Saat lari dari ibu angkatnya, Nabi Yusuf AS melihat ada patung di ujung kamar. Patung tersebut selama ini disembah orang Mesir, termasuk Raja dan Ratu yang mengangkat Nabi Yusuf AS sebagai anaknya.

Waktu itu, sang ibu angkat yang melintas menutup patung tersebut dengan kain. Karena dia merasa malu dengan Tuhan yang disembahnya tersebut.

Maka Nabi Yusuf AS saat itu berkata, "Masya Allah, engkau malu kepada patung dan tidak takut kepada Allah SWT,".

Pada saat itu dia tetap mengejar dan menarik baju bagian belakang Nabi Yusuf AS sampai sobek. Saat sudah di depan pintu, ada ayah angkat sekaligus suami dari ibu angkat Nabi Yusuf AS.

Saat itu wanita tersebut dengan lihai berkata, "Apa hukuman bagi orang yang menganggu istrimu?,".

Maka si Raja bijak dan meminta memanggil hakim. Lantas hakim bertanya kepada Nabi Yusuf AS tentang apa yang sedang terjadi.

Nabi Yusuf AS pun menyampaikan jika ia diajak berzina oleh sang ratu. Lantas ia juga dikejar-kejar oleh ibu angkatnya tersebut.

Lalu sang hakim bertanya kepada sang ratu, dan dengan lihainya sang ratu menyebut jika Nabi Yusuf yang masuk ke kamar.

Lalu Hakim yang bijak pun meminta melihat baju Nabi Yusuf AS. Jika baju Nabi Yusuf AS robek di bagian depan, maka benar Nabi Yusuf AS memang hendak menyerang sang ratu. Namun sebaliknya, maka sang ratu yang bersalah.

Baca Juga : Kisah Bapak dan Anak yang Berlomba Sedekah, Ditegur Abu Bakar dan Umar karena Berlebihan

Ternyata saat itu baju Nabi Yusuf AS sobek di bagian belakang. Namun lagi-lagi sang ratu dapat meyakinkan hati suaminya jika ia tidak bersalah.

Kejadian itu pun kemudian didengar oleh masyarakat Mesir. Masyarakat menyebut jika ratu tergila-gila kepada anaknya sendiri.

Maka wanita seluruh Mesir saat itu diundang oleh Ratu. Disiapkan pisau dan apel. Begitu mereka siap, maka ratu mempersilahkan para tamunya menikmati apel.

Saat para wanita itu hendak memotong apel, Nabi Yusuf AS diminta keluar. Begitu Nabi Yusuf AS keluar, para wanita tersebut bingung membedakan apel dan tangan mereka. Sampai pada akhirnya mereka memotong tangan mereka.

"Karena sangking gantengnya Nabi Yusuf AS," kata Ustadz Khalid.

Para wanita baru menyadari jika tangannya terpotong saat Nabi Yusuf AS berada di samping sang ratu.

Maka ratu berkata jika ia akan terus mengajak anak angkatnya tersebut untuk berzina. Jika tidak, maka anak angkatnya itu akan dijebloskan ke dalam penjara.

Lalu Nabi Yusuf AS berdoa, "Ya Allah, penjara lebih aku sukai daripada apa yang mereka ajak,".

Maka bertahun-tahun Nabi Yusuf AS berada di penjara. Hingga akhirnya Nabi Yusuf didatangi Malaikat Jibril.