Nampak perabot dapur korban hangus terbakar si jago merah (Ist)
Nampak perabot dapur korban hangus terbakar si jago merah (Ist)

MALANGTIMES - Insiden kebakaran menimpa sebuah rumah di Jalan K.H Sofyan Yusuf, RT 5 RW 1, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Senin (6/7/2020) sekitar pukul 02.25 WIB.

Kobaran api yang cukup besar dan menjalar cepat, tak pelak mengusik para warga sekitar yang begitu kaget dan panik lantaran kebakaran terjadi di saat warga tengah terlelap tidur. 

Baca Juga : Kerap Episentrum Gempa, Kabupaten Malang Tanam 4 Alat Deteksi Dini Bencana

Rumah yang terbakar diketahui merupakan milik dari Eko Aprianto S.Pd (33). Rumah tersebut terbakar mulai dari bagian dapur dan merembet ke bagian depan.

Dari informasi di lapangan, kebakaran tersebut diduga terjadi lantaran adanya kebocoran gas LPG di saat pemilik tengah beraktivitas di dapur. Sehingga api kemudian menyambar material mudah terbakar.

Akibat kejadian tersebut, membuat satu orang korban terbakar. Namun beruntung, kebakaran yang menimpa korban tidak parah dan bisa segera mendapatkan perawatan.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Malang, Teguh Budi Wibowo, mengungkapkan, lokasi rumah yang terbakar berada di tengah pemukiman.

Meskipun begitu, karena suasana dini hari sehingga lalu lintas masih sepi. Hal tersebut memudahkan mobil pemadam kebakaran yang menuju lokasi kejadian sedikit mudah.

"Ada 13 personil yang turun dengan tiga unit mobil pemadam. Ruangan yang terbakar kira-kira 5 kali 7 meter persegi," ungkapnya.

Baca Juga : Bakar Sampah Kerja Bakti, Barongan Bambu Malah Ikut Terbakar

Setelah berupaya keras memadamkan api yang berkobar kurang lebih sekitar 30 menit, petugas kemudian berhasil memadamkan api  yang membakar rumah. Api tersebut dipadamkan kurnag lebih menggunakan 4 ribu liter air tangki.

"Akibat kejadian tersebut, diprediksi korban menderita kerugian kurang lebih sekitar Rp 50 juta," bebernya.

Sementara itu, pihaknya kembali mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati lagi. Terlebih lagi dengan sumber penyebab kebakaran. Selain karena LPG, sumber lainnya adalah adanya korselting listrik.  

"Bila memang beraktivitas di dapur, pastikan tidak ada kebocoran LPG. Periksa dengan teliti. Selain itu, jangan menumpuk colokan atau steker begitu banyak. Hal itu berpotensi memicu kebakaran," pungkasnya.