Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Curah Hujan Rendah, Bencana Alam di Kota Batu Selama Juni hanya 3 Kasus

Penulis : Irsya Richa - Editor : Heryanto

05 - Jul - 2020, 19:21

Tanah longsor beberapa saat lalu di Jalan Rajekwesi-Klemuk, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu. (Foto: BPBD Kota Batu)
Tanah longsor beberapa saat lalu di Jalan Rajekwesi-Klemuk, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu. (Foto: BPBD Kota Batu)

MALANGTIMES - Selama bulan Juni lalu kriteria curah hujan di Kota Batu termasuk rendah, sehingga berdampak dengan rendahnya bencana di Kota Batu. 

Tercatat dalam data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu hanya terjadi tiga bencana. Yakni, 1 Juni di Jalan Rajekwesi-Klemuk, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, berupa tanah longsor yang  menutup sebagian badan jalan, waktu itu.

Baca Juga : Tak Diusulkan Dana Operasional, BPSK Kota Malang Diminta Vakum

Kemudian pada 2 Juni yakni kebakaran di Jalan Raya Selecta, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. Terakhir diakhir bulan pada 28 Juni terdapat kejadian pohon rawan tumbang di Jalan Raya Moch Hatta Dusun Pendem, Desa Pendem, Kecamatan Junrejo.

“Selama bulan Juni potensi bencana sangat kecil melihat curah hujan berkurang atau rendah,” ungkap Pelaksana Tugas (plt) BPBD Kota Batu, Agung Sedayu.

Ia menambahkan, pada bulan Juni curah hujan di Kota Batu termasuk kriteria rendah, berkisar 0-20 mm. Sedangkan hari tanpa hujan termasuk dalam kriteria panjang, berkisar 21-30 hari. 

“Prakiraan peluang curah hujan di Kota Batu pada Dasarian I (01-10 Juli 2020) lebih dari 90 persen. Ini sesuai dengan sumber data BMKG Karangploso,” tambahnya.

Sedangkan berdasarkan hasil dari monitoring dan pemantauan wilayah, sepanjang bulan Juni 2020 cuaca Kota Batu didominasi cerah pada pagi sampai siang hari. Lalu cerah berawan dan berawan pada sore hari sampai malam hari.

Baca Juga : Sembuh 3, Pasien Positif Covid-19 di Kota Malang Bertambah 5

Meski demikian, jika pada musim penghujan bencana alam yang berpotensi di Kota Batu ada tanah longsor dan banjir, namun berbeda pada saat musim kemarau. Giliran kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dan angin kencang berpotensi terjadi pada musim kemarau di Kota Batu.

 


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Heryanto