Ilustrasi. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi. (Foto: Istimewa).

MALANGTIMES - Seiring dengan terus melonjaknya jumlah kasus positif covid-19 di Kota Malang, pasien yang sembuh juga mengalami peningkatan.

Hingga kemarin (Kamis, 2/7/2020), tercatat 3 penambahan pasien positif covid-19 yang dinyatakan sembuh. Dua di antaranya merupakan tenaga kesehatan (nakes).

"Pasien yang sembuh ini, dua merupakan nakes dan seorang lagi warga biasa yang berdomisili di Kecamatan Lowokwaru," jelas Kabag Humas Pemkot Malang Nur Widianto saat ditemui, Jumat (3/7/2020).

Dengan begitu, saat ini telah tercatat total pasien terkonfirmasi positif covid-19 dari klaster nakes sebanyak 28. "Dengan penambahan yang sembuh, kini total sembuh ada 17. Sedangkan 1 nakes meninggal dunia," imbuhnya.

Lebih lanjut, 5 tambahan pasien terkonfirmasi positif covid-19 merupakan kasus baru. Artinya, tidak ada riwayat memiliki kontak erat dengan pasien yang terjangkit sebelumnya.

Empat pasien terkonfirmasi positif covid-19 tercatat berdomisili di Kecamatan Blimbing dan 1 pasien dari wilayah Kecamatan Kedungkandang.

Juru Bicara Gugus Satgas Covid-19 yang juga Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dr Husnul Muarif menyatakan, dari jumlah tersebut, satu pasien terkonfirmasi positif merupakan PDP (pasien dalam pengawasan) yang meninggal dunia pada 22 Juni 2020 lalu.

"Pasien yang meninggal 22 Juni itu sebagai PDP, berdomisili di Kecamatan Blimbing. Hasil swab-nya keluar kemarin. Maka masuk dalam data tambahan terkonfirmasi positif covid-19 di Kota Malang," terangnya.

Sementara itu, kasus covid-19 juga tercatat di beberapa kategori lainnya. Yakni, ODP (orang dalam pantauan) kini mencapai 994. Rinciannya, 49 masih dalam tahap dipantau, 943 sudah selesai pemantauan, dan 2 dinyatakan meninggal.

Lalu, kategori PDP totalnya menjadi 391 atau bertambah 10 orang dari hari sebelumnya. PDP yang dinyatakan sehat ada 201 orang, yang masih dalam perawatan ada 156, dan meninggal dunia sebanyak 34.

Kemudian, untuk OTG (orang tanpa gejala) hari ini mengalami penambahan sebanyak 27 orang menjadi 761. Sedangkan kategori ODR (orang dalam risiko) tercatat tidak ada penambahan dari hari sebelumnya sehingga totalnya kini ada 3.164 kasus.