Beberapa pemuda saat akan mengumpulkan sampah kepada petugas saat patroli di Pasar Besar Kota Batu, Minggu (5/7/2020). (Foto: istimewa)
Beberapa pemuda saat akan mengumpulkan sampah kepada petugas saat patroli di Pasar Besar Kota Batu, Minggu (5/7/2020). (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Bukan lagi Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang disita oleh petugas yang melakukan patroli bagi mereka yang tidak menggunakan masker. Namun sanksi sosial yang mulai diberlakukan pada Minggu (5/7/2020).

Seperti halnya saat tim Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan patroli sejumlah titik keramaian di Kota Batu. Yakni di area Pasar Besar Kota Batu, Alun-Alun Kota Batu, dan jalan protokol.

Baca Juga : Wisatawan Berjubel di Alun-Alun Kota Batu, Pengawasan Protokol Kesehatan Ketat

Di sana para petugas itu mendapati masyarakat yang tidak menggunakan masker. Tindakan pun langsung dilakukan, mulanya petugas meminta KTP setelah itu baru diberi sanksi mengumpulkan sampah.

Sampah yang harus kumpulkan itu kurang lebih satu kantor plastik merah berukuran besar. Kemudian mereka juga diberi edukasi kepada petugas agar tidak mengulangi kesalahan itu.

“Bagi yang tidak menggunakan masker kita ambil KTP-nya dan diberikan sanksi untuk mengumpulkan sampah 1 kresek besar. Insya Allah cukup efektif untuk memberikan efek jera,” ucap Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum (Kabid Trantibum) Satpol PP Kota Batu, Santoso Wardoyo.

Ke depan sanksi akan diberlakukan setiap dilaksanakan patroli setiap hari mulai pagi dan malam.

“Jadi ini bukan sosialisasi lagi, tapi penindakan secara efek jera bagus. Dan itu pun hukuman paling ringan, dan bagi melanggar kami catat,” imbuhnya.

Baca Juga : Kenangan Gus Wachid Tentang Masker Logo Arema Tanda Kebanggaan

“Nanti kalau yang sudah melanggar, dan melanggar lagi tentu ada sanksi, tapi sanksinya ditingkatkan lagi. Karena ini adalah kepentingan bersama sehingga masyarakat agar tertib,” tambah Santoso. 

Menurutnya sanksi sosial ini diberlakukan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan yakni menggunakan masker saat di keluar rumah. Tentunya sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19.