Suasana Pasar Besar Kota Batu.
Suasana Pasar Besar Kota Batu.

MALANGTIMES - Relokasi pedagang Pasar Besar Kota Batu diperkirakan akan dilaksanakan pada akhir tahun 2020 mendatang. Hanya saja saat ini relokasi para pedagang itu masih belum dipastikan tempatnya.

“Untuk relokasi pedagang sampai saat ini dalam proses pembahasan dan pembicaraan serius,” ungkap Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Batu, Eko Suhartono.

Baca Juga : Revitalisasi Pasar Besar Kota Batu Tetap Jalan, Akhir 2020 Relokasi Pedagang

Ya hingga saat ini di mana lokasi para pedagang direlokasi masih belum dipastikan. Hanya saja diperkirakan berada di area Parkir Pasar.

Nantinya kurang lebih pedagang yang akan direlokasi itu sebanyak 3.200 orang. Untuk melakukan relokasi itu, diperkirakan anggaran yang digelontorkan kurang lebih Rp 1,5 miliar.

Sementara itu, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menambahkan, pada tahun 2021 pembangunan Pasar Besar harus dilakukan sehingga segala kesiapan harus selesai tahun 2020. Dengan demikian, bangunan lama harus sudah rata dengan tanah.

“Sudah tidak ada lagi bangunan lama yang berdiri. Relokasi pedagang dilakukan juga pada akhir tahun 2020 nanti. Semoga nanti para pedagang bisa diajak bekerja sama agar bisa berlangsung dengan lancar,” ucapnya.

Baca Juga : Pasar Oro-Oro Dowo, jadi Pasar Tangguh Semeru Pertama di Kota Malang

Dewanti menambahkan, pembangunan Pasar Besar Kota Batu itu merupakan program Pemkot Batu yang paling penting dan terbesar di masa pemerintahannya. “Tidak ada bangunan mercusuar kecuali Pasar Besar,” tutup istri Eddy Rumpoko ini.

Selain itu anggaran untuk revitalisasi Pasar Besar itu sejumlah Rp 200 Miliar diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).