Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso saat memberikan makan pada satwa di Batu Secret Zoo, Sabtu (27/6/2020). (Foto: Jatim Park Group)
Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso saat memberikan makan pada satwa di Batu Secret Zoo, Sabtu (27/6/2020). (Foto: Jatim Park Group)

MALANGTIMES - Pariwisata di Kota Batu terpuruk saat pandemi Covid 19. Kunjungan wisatawan pun menurun drastis. Karena itu pada tahun 2020 Dinas Pariwisata Kota Batu tidak jadi menargetkan jumlah wisatawan sebanyak 7,2 juta pengunjung.

Dinas Pariwisata Kota Batu mengurangi angka targetnya menjadi 3 juta wisatawan. Jumlah itu tentunya turun 50 persen lebih dari target awal. 

Baca Juga : Jatim Park 2 dan Eco Green Park Mulai Buka, Sementara Batasi Pengunjung

“Kami hanya menargetkan 3 juta wisatawan saja, dan kalau sampai akhir tahun bisa tercapai itu sudah bagus,” ucap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Imam Suryono.

Diturunkannya jumlah tersebut bukan tanpa alasan, namun melihat jumlah kunjungan pada triwulan pertama tahun 2020. Ya pada bulan Januari, Februari, dan Maret jumlah kunjungan sudah mencapai 962.341 ribu wisatawan.

“Sebenarnya setelah hari Raya lalu angkanya bisa lebih dari 1 juta pengunjung, namun karena pandemi ini sehingga ditutup, pariwisata terdampak,” jelas Imam.

Meski demikian, pihaknya yakin target 3 juta pengunjung itu bisa terpenuhi hingga akhir tahun mendatang. Tentunya dengan beragam cara agar target itu bisa tercapai.

Baca Juga : Tim Verifikasi Satgas Covid-19 Kota Batu Baru Izinkan 30 Hotel Beroperasi

“Di hotel juga terdapat potongan itu merupakan salah satu upaya juga. Kemudian nanti didukung dengan event nantinya,” tutup pria yang pada Juli mendatang menjabat Kepala Dinas Perhubungan ini.