Tim verifikasi Satgas Covid-19 Kota Batu saat melakukan verifikasi di salah satu hotel di Kota Batu beberapa saat lalu.
Tim verifikasi Satgas Covid-19 Kota Batu saat melakukan verifikasi di salah satu hotel di Kota Batu beberapa saat lalu.

MALANGTIMES - Pada masa perpanjangan  transisi New Normal di Kota Batu, sudah ada 30 hotel yang buka. Jumlah itu dari total 36 hotel yang telah mengajukan operasional kepada Tim verifikasi Satgas Covid-19 Kota Batu.

Ke 30 hotel yang sudah operasi itu karena sudah lolos pada tahapan administrasi saat diverifikasi oleh Tim Verifikasi Satgas Covid-19 Kota Batu. Dalam verifikasi itu tim juga melakukan survei.

Baca Juga : Tempat Wisata di Malang Buka Bertahap, Simak Beberapa Fase Operasionalnya

“Sudah 36 hotel yang mengajukan di masa transisi New Normal, namun belum semuanya lolos,” ucap pelaksana tugas (plt) Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Imam Suryono. 

Ia menambahkan, kesiapan hotel itu setelah dilakukan pemeriksaan berkas administrasi dan tinjauan lapangan oleh Dinas Pariwisata Kota Batu, Perhimpunan Hotel Restaurant Indonesia (PHRI) Kota Batu, TNI, Polri, Satpol, Dinas Kesehatan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja, dan BPBD.

“Sudah dipersilahkan buka dan lengkap, mulai dari ruang isolasi, fasilitas kesehatan, SOP, dan Tim Gugus sudah lengkap, jadi 30 hotel itu sudah  layak untuk buka,” imbuhnya. 

Sedangkan rata-rata formulir administrasi yang terpaksa dikembalikan itu karena belum mencantumkan susunan tim gugus tugas, dan fasilitas kesehatan yang harus dipersiapkan dalam pencegahan dan penanganan dasar pandemi Covid-19.

“Padahal terkait dengan tim gugus tugas di internal hotel atau tempat wisata sangat penting. Karena ini memiliki fungsi preventif serta melaporkan kepada tim kesehatan jika ada pengunjung yang menunjukkan gejala Covid-19,” tambah Imam.

Baca Juga : Antisipasi Klaster Wisata, Disparbud Intensifkan Koordinasi dan Siapkan Sanksi Tegas

“Tetapi juga mayoritas hotel yang mengajukan permohonan dianggap layak untuk buka,” katanya.

Selain itu hingga saat ini tempat wisata yang sudah buka di Kota Batu adalah Batu Flower Garden. Lalu menyusul Kali Watu Rafting, dan Jawa Timur Park 2.